Bupati Gede Dana Membuka Bulan Bung Karno, Diawali dengan Touring Cek Infrastruktur Jalan

bupati-gede-dana-membuka-bulan-bung-karno-diawali-dengan-touring-cek-infrastruktur-jalan
Bupati Karangasem I Gede Dana membuka Bulan Bung Karno di Tugu Pahlawan Tanah Aron, Desa Butus, Bebandem, didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, yang diawali dengan melakukan touring dengan sepeda motor bersama OPD, Minggu(2/5).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Bupati Karangasem I Gede Dana membuka Bulan Bung Karno di Tugu Pahlawan Tanah Aron, Desa Butus, Bebandem, didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, yang diawali dengan melakukan touring dengan sepeda motor bersama OPD. Touring ini juga bertujuan untuk mengecek kondisi jalan yang akan diperbaiki pada tahun 2024. Rute yang dilalui meliputi ruas jalan Karanganyar-Yeh Kori, Desa Jungutan, dan Bukit Paon-Umaanyar. Selain itu, Bupati dan rombongan menginap di Taman Pahlawan Tanah Aron, Desa Bhuanagiri, Minggu(2/5).

Touring dimulai dari Lapangan Tanah Aron, Amlapura, dengan rute melalui Jalan Veteran, di mana para kabid dan komunitas sepeda motor telah menunggu. Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Nenas, Pasar Bebandem, dan Desa Jungutan untuk mengecek akses jalan Karanganyar Desa Sibetan-Yeh Kori, yang akan diperbaiki sepanjang 3,4 kilometer dengan anggaran Rp 7,74 miliar.

Setelah bertemu dengan tokoh masyarakat di Banjar Dinas Yeh, Bupati bersama Sekda I Ketut Sedana Merta melanjutkan perjalanan ke Tugu Pahlawan Tanah Aron melalui Banjar Dinas Umaanyar-Bukit Paon. Jalan sepanjang 1,2 kilometer ini juga akan diperbaiki dengan anggaran Rp 1,5 miliar. Di setiap lokasi, Bupati Gede Dana berbincang dengan tokoh masyarakat setempat mengenai rencana perbaikan jalan.

Dalam pernyataannya, Bupati Gede Dana menjelaskan bahwa touring ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi infrastruktur di desa-desa serta memperingati Hari Lahir Pancasila. “Ada beberapa ruas jalan di Kecamatan Bebandem yang akan kita perbaiki tahun ini,” ujar Bupati.

Bupati juga memastikan bahwa jalur Karanganyar-Yeh Kori di Kecamatan Bebandem telah dianggarkan untuk perbaikan dengan dana Rp 7,74 miliar, dengan harapan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat, terutama hasil pertanian warga. Selain itu, jalur Bukit Paon-Umanyar juga akan diperbaiki dengan anggaran Rp 1,5 miliar.

Bupati menambahkan bahwa proses perbaikan kedua jalan tersebut saat ini sudah dalam tahap tender, dan masyarakat diharapkan turut menjaga infrastruktur yang sudah diperbaiki. “Kalau ada aliran air got yang meluap jangan dibiarkan, karena aspal akan cepat rusak,” tambah Bupati.

Bupati Gede Dana menegaskan komitmennya untuk memperbaiki jalan-jalan yang menjadi tanggung jawab kabupaten secara bertahap sesuai prioritas dan anggaran yang tersedia. Ia juga menyadari bahwa tidak semua jalan yang rusak bisa diperbaiki dalam setahun karena keterbatasan anggaran yang juga harus dialokasikan untuk program lain.

Setibanya di Tugu Pahlawan Tanah Aron, Bupati dan rombongan melaksanakan apel pembukaan Bulan Bung Karno, menikmati makan malam bersama, dan menginap di tempat tersebut. Touring ini juga melibatkan komunitas sepeda motor di Karangasem. (ger/bfn)