Bupati Gede Dana Tutup Tenganan Pegringsingan Culture Festival 2024

bupati-gede-dana-tutup-tenganan-pegringsingan-culture-festival-2024
Foto: Bupati Gede Dana menyerahkan penghargaan kepada pemendang lomba dalam penutilan Tenganan Pegringsingan Culture Festival 2024.

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana menutup secara Tenganan Pegringsinga. Culture Festival 2024, Kamis (6/6) petang.

Acara penutupan ini dihadiri perwakilan dari berbagai instansi termasuk Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, , Ketua DPRD Karangasem diwakili Ketua Komisi lll I Wayan Sunarta, kepala OPD dan pejabat lainnya.
Penutupan festival ini juga diserahkan sejumlah hadiah kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan selama event berlangsung. Bupati Dana juga meninjau sejumlah kerajinan seni khas Tenganan yang dipamerkan masyarakat setempat.

Bupati Gede Dana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Desa Tenganan Pegringsingan atas partisipasi aktif mereka dalam festival ini. “Kami bersyukur atas berkah dan rahmat-Nya sehingga festival ini dapat terselenggara dengan sukses,” ujar Bupati.

Bupati juga menyoroti keunikan Desa Tenganan yang terkenal dengan tradisi Mekare Kare (Megeret Pandan) dan kerajinan tenun double ikat kain Gringsing. “Keunikan Desa Tenganan Pegringsingan harus kita jaga dan promosikan sebagai daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Karangasem,” tegasnya.

Selain itu, Tenganan Culture Festival 2024 juga menampilkan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kreativitas masyarakat. “Kami telah melaksanakan berbagai lomba seperti Fruit Carving, Gurding Kontes, dan lomba video promosi untuk siswa-siswi di Kabupaten Karangasem,” jelas Bupati. Menurutnya, pelatihan food plating dan pemanfaatan sampah juga menjadi bagian dari acara untuk meningkatkan keterampilan dan nilai ekonomi masyarakat setempat.

Komunitas ekonomi kreatif Kabupaten Karangasem turut diundang untuk berpartisipasi dalam pameran UMKM, memamerkan berbagai produk kreatif mereka.

“Dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sangat kami apresiasi. Dukungan ini sangat membantu dalam penyelenggaraan festival ini,” tambahnya.

Bupati berharap agar Tenganan Pegringsingan Culture Festival dapat terus berkembang dan menjadi salah satu event unggulan nasional yang dikenal hingga ke mancanegara. (tio/bfn)

Exit mobile version