Bupati Sedan Arta Hadiri Serah Terima Hibah PLTS Kiteck dan ELT dengan PT. BMB Kabupaten Bangli

bupati-sedan-arta-hadiri-serah-terima-hibah-plts-kiteck-dan-elt-dengan-pt-bmb-kabupaten-bangli
Bupati Bangli SN Sedana Arta hadiri acara serah terima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Antara Kitech dan ELT dengan PT. Bhukti Mukti Bhakti (BMB) Kabupaten Bangli bertempat di PLTS 1 MWp Ds. Kayubihi Bangli Rabu, (05/06/2024).
banner 120x600

BANGLI, Balifactualnews.com – Bupati Bangli SN Sedana Arta hadiri acara serah terima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Antara Kitech dan ELT dengan PT. Bhukti Mukti Bhakti (BMB) Kabupaten Bangli bertempat di PLTS 1 MWp Ds. Kayubihi Bangli Rabu, (05/06/2024).

Pembangkit Listrik Tenaga Surya On Grid 1 MWp yang saat ini dikelola oleh PT. Bhukti Mukti Bhakti dibangun pada tahun 2012 dengan anggaran dari APBN oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. Pada tahun 2016 PLTS telah dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Bangli dan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Jual Beli Listrik antara Perusahaan Daerah Bhukti Mukti Bhakti dengan PT. PLN ( Persero) pada tahun 2018. Sampai saat ini kondisi PLTS semakin menurun dimana dikarenakan usia inverter dan keterbatasan Sumber dana serta Sumber Daya untuk memperbaiki inventer pada PLTS. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bangli telah membuka akses bagi semua pihak yang ingin berkontribusi dalam pengembangan PLTS On Grid 1 MWp di Kabupaten Bangli. Diantaranya pihak-pihak yang telah berkontribusi terhadap perbaikan kerusakan beberapa inverter pada PLTS adalah USAID-SINAR dan PT Bintang Terang Indonesia. Mengingat pentingnya pengembangan Energi Baru Terbarukan, maka Pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung dan memfasilitasi transformasi energi. Untuk itu dibutuhkan kemitraan dari berbagai pihak yang diantaranya melalui BUMN Korea Selatan yang akan memberikan hibah inverter untuk perbaikan PLTS. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2023 Tentang Urusan Pemerintah Konkuren Tambahan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral pada Subbidang Energi Baru Terbarukan pada Pasal 4 bahwa urusan Pemerintahan Konkuren Tambahan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral pada Subbidang Energi Baru Terbarukan.

Sedana Arta dalam kesempatannya menyatakan, “ ke depan perekonomian Indonesia tentunya akan semakin ekspansif, sehingga perlu meningkatkan kapasitas energi untuk memenuhi kebutuhan dimasa depan. Untuk itu pengembangan energi baru terbarukan menjadi hal yang sangat penting, sehingga keberadaan PLTS 1MWp perlu kita pertahankan selain sebagai dukungan terhadap energy terbarukan juga sebagai branding Pemerintah Kabupaten Bangli. “kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur Kitech ELT atas bantuannya dan kami berharap kerjasama ini dapat diperluas di bidang lain. Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini memberikan banyak manfaat serta mendapatkan petunjuk dan lindungan dari Sanghyang Widi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa)”Ujarnya!

Sementara itu, Direktur BMB Anak Agung Wibawa Putra dalam kesempatannya melaporkan bahwa sejak dibangunnya PLTS dari 2013 sampai dengan saat ini memang minim dalam rangka referensiasi ataupun maintenance. Semoga dengan semangat baru serta perusahaan baru kita berupaya untuk meningkatkan dan memelihara barang milik daerah agar dapat bangkit kembali dan berproduksi secara maksimal. Dari Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2024 ini kita mengalami banyak degradasi energi yang di mana awal kapasitasnya 1 MWp sampai dengan saat ini hanya bisa menghasilkan daya 30% dari kapasitas. Jadi dengan adanya hibah berkapasitas 100 KM ini harapannya PLTS kita dapat memproduksi lebih banyak lagi energi dan meningkatkan produksi menjadi 50% bersama dengan Kementerian ESDM Republik Indonesia. Kita bersama-sama berupaya untuk merevitalisasi dengan membuat berbagai skema di tahun ini. Penerapan skema logos sudah akan kita mulai tahun ini dan berbarengan dengan hibah dari Korea. Kita harapkan di akhir tahun kapasitor sudah meningkat hingga 50%. Dengan adanya PLTS di sini yang juga merupakan salah satu PLTS terbesar di Bali dan juga satu-satunya yang mempunyai pjbl dengan PLN. harapannya kita bisa bersinergi dengan baik dan berkembang dengan meningkat untuk mencapai kembali ke kapasitas 1 MWp, ”Ujarnya!.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur KITECH ELT Republik Of Korea Selatan,
Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangli, Kepala Dinas ESDM dan Tenaga Kerja Prov. Bali, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Direktur PT. BPR Bank Daerah Bangli, Direktur Bintang Terang Indonesia, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Perwakilan Bank BPD Kantor Cabang Bangli, Perbekel Desa Kayubihi, Babinsa Desa Kayubihi, Babinkamtibmas Desa Kayubihi dan para tamu undangan lainnya. (bro/bfn)