Demokrat Mulai Merapat ke Golkar, Bawa Pesan Koalisi Biru Rontok di Karangasem

Ketua DPC Partai Demokrat Karangasem, I Komang Wirawan bertemu Ketua DPD II Golkar Karangasem, I Gusti Ngurah Setiawan membahas kerjasama untuk menghadapi Pilkada 27 November 2024. Pertemuan itu juga dihadiri Sekretaris Partai Golkar Karangasem, I Nengah Sumardi

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Konstelasi politik Pilkada Karangasem benar-benar bergerak dinamis. Koalisi biru yang dirancang DPD Partai NasDem  dengan Demokrat sepertinya  akan rontok di tengah jalan.  Kondisi itu terjadi setelah Ketua DPC Partai Demokrat Karangasem, I Komang Wirawan, melakukan safari politik ke DPD II Golkar Karangasem, Senin (8/7/2024) lalu.

Kehadiran Wirawan bersama Penasehat DPD Partai Demokrat Bali, Dewa Gede Bagus Badra, diterima langsung Ketua DPD II Golkar Karangasem,  I Gusti Ngurah Setiawan bersama sekretaris I Nengah Sumardi dan Wakil Ketua OKK DPD II Golkar Karangasem, I Wayan Sekep Aryana Manusabat. 

Ditemui usai menggelar pertemuan, Wirawan mengatakan, kehadirannya ke DPD II Golkar Karangasem bukan sekadar melakukan safari politik biasa. Selain ingin berproses menjadi bakal calon kepala daerah (Bacakada) melalui survei yang sudah dijalankan Partai Golkar, dia juga bermaksud  melakukan penjajakan koalisi dengan partai berlambang pohon beringin itu. 

“Rencananya saya ikut survei tahap dua yang dilakukan partai Golkar, tapi itu tidak bisa. Selain karena sebagai ketua partai,  saya juga sangat terlambat mengikuti  tahapan survei ini,” ucap politisi asal Banjar Tongtongan, Desa Ban Kecamatan Kubu, itu. 

Tapi kabar berhembus, kehadiran politisi yang  terpilih kembali menjadi anggota DPRD Bali ke DPD II Golkar Karangasem, membawa mandat sekaligus perintah dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, agar dia melakukan penjajakan koalisi dengan Partai Golkar untuk menghadapi Pilkada Karangasem, 27 November mendatang. 

Terhadap kabar itu, Wirawan tidak menampiknya. Kendati belum ada keputusan resmi dari Koalisi Indonesia Maju (KIM)  di Bali dan Karangasem, dia dengan tegas menyatakan untuk berkoalisi dengan Golkar. 

“Khusus untuk Karangasem, Ketua Umum menginstruksikan agar partai kami berkoalisi  dengan Partai Golkar. Instruksi DPP sangat tepat, karena selama ini  hubungan partai kami dengan partai Golkar selalu bagus, baik di tingkat pusat, DPD dan DPC,” jelas Wirawan. 

Sementara itu, Ketua DPD II Golkar Karangasem, I Gusti Ngurah Setiawan, menyambut baik keinginan DPC Demokrat Karangasem untuk  membangun kerjasama dalam menghadapi Pilkada nanti.  “Ini tentu kabar yang sangat bagus. Kami sangat senang mendengarnya dan ini mesti segera dipatenkan. Sekarang  partai kami masih fokus pada tahapan survei kandidat Bacakada. Pak Komang Wirawan memang tidak masuk dalam proses ini, tapi nama beliau masuk sebagai salah satu tokoh pendamping  yang  juga akan ikut di survei oleh tim,” terang Setiawan. (tio/bfn)

Exit mobile version