Hari Ini Sebanyak 388.854 Masyarakat Karangasem Tentukan Pilihan

KPU Harapkan Partisipasi Meningkat

hari-ini-sebanyak-388-854-masyarakat-karangasem-tentukan-pilihan
Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPU Karangasem melaksanakan simulasi pemilihan di Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, beberapa waktu lalu.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilu 2024 akan berlangsung, pada Rabu (14/2) hari ini. Di Kabupaten Karangasem, tercatat sebanyak 388.854 masyarakat sudah memiliki hak untuk menentukan pilihannya pada kontestasi politik nasional lima tahunan itu.

Mencermati jumlah pemilih yang ada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem, berharap, partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dalam menentukan pilihannya bisa meningkat dari Pemilu tahun sebelumnya.
pemilih pada Pemilu tahun ini diharapkan bisa meningkat Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Karangasem, I Kadek Sukara, mengatakan, target partisipasi pemilih yang dipancang pada Pemilu tahun ini meningkat dari Pemilu lima tahun lalu (2019), yakni dari 78,5 persen meningkat menjadi 83 persen.

“Jumlah pemilih Karangasem saat ini sebanyak 388.854 orang. Rinciannya, sebanyak 194. 635 orang pemilih laki-laki dan sebanyak 194. 219 orang pemilih perempuan. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 461 orang terdiri dari 148 laki-laki dan 313 perempuan. Kami berharap Pemilu tahun ini partisipasi pemilih bisa meningkat dari Pemilu sebelumnya,” ungkap Kadek Sukara, Selasa (13/2).

Terpisah, Bupati Karangasem I Gede Dana, mengimbau seluruh masyarakat Karangasem untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya. Menurut Bupati, kehadiran masyarakat ke TPS untuk melakukan pencoblosan sangat penting dalam menentukan nasib bangsa kedepan.

“Atas nama pemerintah daerah dan atas nama pribadi Saya menghimbau agar masyarakat Karangasem yang sudah masuk dalam DPT untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS masing-masing. Keterlibatan masyarakat dalam melakukan pemilihan Kehadiran, bagian dari membantu KPU dalam mensukseskan Pemilu tahun ini,”ucap Gede Dana, seraya mengajak masyarakat Karangasem untuk ikut terlibat menjaga pelaksanaan yang berjalan lancar aman dan damai. (tio/bfn)