HUT ke 384 Kota Amlapura Diharapkan Mampu Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Angkat Tagline Karangasem Jani Wi

banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Karangasem Jani Wi, menjadi tagline peringatan hari jadi  Kota Amlapura ke 384, yang dipusatkan di Lapangan Taman Budaya Candra Buana, Sabtu (22/6/202) besok.

Pemerintah Kabupaten Karangasem membuat dua agenda pada perayaan puncak tersebut. Agenda pertama berupa apel peringatan yang dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, sedangkan agenda kedua pawai kebudayaan dan pembukaan pameran produk kerajinan Karangasem yang dilaksanakan di  Lapangan Taman Budaya Candra Buana, Amlapura. 

Acara yang dirancang dalam bentuk pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini  juga mengusung tagline Karangasem Jani Wi  yang berarti Karangasem saat ini, sebagai manifestasi dari tema besar Karangasem Jana Kerti Wikrama.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, menjelaskan, tagline Karangasem Jani Wi, menggambarkan upaya sinergis dan kolaboratif  yang dilakukan pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Karangasem. 

“Jana Kerti Wikrama secara harfiah berarti berkarya untuk manusia sejahtera. Ini juga merupakan bagian integral dari rencana Pembangunan Semesta Berencana Kabupaten Karangasem,” kata Bupati Gede Dana didampingi Wabup Artha Dipa di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2024). 

Gede Dana, menekankan, pentingnya kesejahteraan yang mencakup kondisi aman, sentosa, dan makmur bagi semua warga Karangasem. “Ini adalah harapan besar pemerintahan Kabupaten Karangasem untuk mewujudkan kesejahteraan baik sekala maupun niskala,”ucapnya. Sementara itu, Wabup Wayan Artha Dipa, menambahkan, landasan filosofis pemerintahan di Kabupaten Karangasem berakar pada Padma Bhuana, yang memprioritaskan pertanian dan pelestarian adat budaya sebagai penunjang pembangunan pariwisata.  Itu sebabnya angka 384 dalam perayaan hari jadi Kota Amlapura tahun ini memiliki makna keterkaitan semua elemen Kabupaten Karangasem, termasuk alam, masyarakat, dan pemerintah, dalam mencapai kedamaian, kesejahteraan, kemajuan, dan prestasi.

Logo HUT ke 384 Kota Amlapura dengan jargon Karangasem Jani Wi, kata Artha Dipa juga merefleksikan semangat sinergi, kolaborasi, dan inovasi antara pemerintah dan masyarakat. “Tema Karangasem Jana Kerti bermakna pembangunan yang sinergis, kolaboratif, dan berkelanjutan untuk kesejahteraan krama Karangasem,” jelasnya. (ger/bfn)