Jelang Lengser, Bupati Suwirta Terima Penghargaan KIP Awards 2023

jelang-lengser-bupati-suwirta-terima-penghargaan-kip-awards-2023
Bupati Suwirta terima penghargaan KIP Award 2023.
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – BUMN Track bekerja sama dengan PT Media Kernels Indonesia (Drone Emprit Publications) dan Bali Post untuk pertama kalinya menggelar Keterbukaan Informasi Publik Awards 2023. Penghargaan diserahkan langsung oleh Dr. Ir. Donny Yoesgiantoro, M.M, M.PA selaku Ketua Komisi Informasi Pusat, diterima Kadis Kominfo I Wayan Parna, mewakili Bupati Klungkung, bertempat di Ayodya Resort Bali, Nusa Dua 27 Okt 2023
Penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi badan publik, khususnya Perusahaan BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN Tbk, serta para pejabat publik yang terdiri dari Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang dinilai telah menjalankan praktik keterbukaan informasi kepada khalayak.
Era digital saat ini telah membuka peluang besar untuk meningkatkan akses informasi. Di sisi lain, keterbukaan informasi memberikan dampak positif kepada Masyarakat sehingga lebih terinformasi, terlibat, dan mampu mengawasi kinerja Pemerintah Daerah secara lebih efektif.
Dalam era digital 5.0, peran keterbukaan informasi sangat penting dalam membangun kepercayaan dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Ketua Dewan Juri Keterbukaan Informasi Publik Awards 2023 sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika 2014-2019, Rudiantara mengatakan, keterbukaan informasi merupakan aspek penting dalam operasi dan manajemen perusahaan, terutama pada perusahaan BUMN.
”Keterbukaan informasi memainkan peran kunci dalam menjaga akuntabilitas, meningkatkan kepercayaan dan mempromosikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Bagi BUMN, keterbukaan informasi bukan lagi sebuah kewajiban tetapi sudah menjadi kebutuhan,” ungkap Rudiantara.
Teknik penilaian dalam ajang ini melibatkan Drone Emprit Publications untuk melakukan monitoring, crawling dan indexing pada dokumen digital dan media sosial milik BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN Tbk serta Pemerintah Provinsi Bali pada periode Januari hingga September 2023.
Objek pengukuran juga berlaku bagi aktivitas jajaran petinggi, pemimpin daerah ataupun Direktur Utama  pada organisasi tersebut. Selanjutnya, dilakukan Expert Judgement oleh dewan juri.
“Parameter untuk mengukur tingkat keterbukaan informasi secara kuantitatif dan kualitatif dengan bukti-bukti digital tersebut dinilai melalui jumlah audience, engagement, activity dan kualitas konten akun media sosial perusahaan seperti YouTube, Facebook, twitter, Instagram, X, Tiktok serta situs perusahaan seperti website dan wikipedia,” jelas Rudiantara.
Dari langkah monitoring, crawling dan indexing yang dilakukan hampir selama setahun, diperoleh hasil penerima penghargaan yang memiliki rangking tinggi dalam menyediakan informasi publik. Para penerima penghargaan tersebut terdiri dari 51 perusahaan BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN Tbk., 13 Direktur Utama BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN Tbk, serta 8 Pemda Bali yang terdiri dari 6 Bupati, 1 Wali Kota dan 1 Pj Gubernur.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan apresiasi terhadap Kegiatan Keterbukaan Informasi Publik Awards 2023.
 “Semoga Melalui Penghargaan ini, dapat memotivasi ASN di Lingkungan Pemkab Klungkung dalam hal keterbukaan  memberikan pelayanan Informasi berdampak positif kepada masyarakat Klungkung,” harap Bupati Suwirta saat menerima Penghargaan tersebut di Ruang Kerja Kantor Bupati Klungkung. (roni/bfn)
Exit mobile version