Kecamatan Karangasem Juara Umum Porkab 2023

Usai menyerahkan piala dan hadiah, Ketua Umum Koni Karangasem I Nengah Suadi (paling kiri) bersama Sekretari KONI I Made Dipta (nomor dua dari kanan) dan Bendahara KONI I Made Subrata melakukan sesi foto bersama dengan para kontingen para juara umum Porkab Karangasem 2023 yang dilaksanakan di lapangan tenis indoor GOR Gunung Agung
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Pekan Olahraga Kabupaten  (Porkab) Karangasem 2023 yang dibuka Bupati Gede Dana, berakhir Kamis (14/11/2023). Kecamatan  Karangasem berhasil mempertahankan gelar juara umum yang direngkuhnya pada Porkab 2018 silam.

Keberhasilan itu direngkuh setelah  menorehkan 15 medali emas, 15 perak dan 16  medali perunggu. Di posisi runner up  (Juara Umum II) diraih kontingen Kecamatan Abang dengan membukukan 13 medali emas, 7 perak dan 4 medali perunggu.  

Medali Emas yang diraih kontingen Kecamatan Abang  disumbangkan dari cabang olahraga Pencak Silat dengan 6 medali emas. Capaian ini sekaligus mengubah kiblat Pencak Silat di Karangasem yang sebelumnya selalu didominasi dari Kecamatan Manggis.  

Selain Pencak Silat, Cabang Karate juga  berhasil menyumbangkan 4 medali emas. Tambahan 1 keping emas lainnya datang dari cabang olahraga  atletik.

Sedangkan  sebagai juara tiga diraih  kontingen Kecamatan Kubu dengan torehan 8 medali emas, 11 perak dan 13 medali perunggu. Selain sebagai juara umum tiga, pada cabang Atletik kontingen  Kecamatan Kubu menduduki posisi puncak. Keberhasilan membukukan 7 medali emas, sekaligus  menjadikan Kecamatan Kubu sebagai  wilayah yang memiliki potensi besar dalam mencetak atlet atletik  berprestasi untuk mewakili Kabupaten  Karangasem pada  kejuaraan di tingkat provinsi maupun nasional. 

Ketua Umum KONI Karangasem I Nengah Suadi, ditemui usai penutupan Porkab 2023 yang dilaksanakan di lapangan tenis indoor areal GOR Gunung Agung, mengatakan, Porkab yang dilaksanakan tahun ini memang difokuskan untuk mengenjot potensi olahraga yang ada di masing-masing wilayah kecamatan.  Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Pordes dan Porcam  yang saat ini sedang digeliatkan lagi. 

“Pelaksanaan Porkab sebagai gambaran potensi olahraga yang ada di masing-masing kecamatan. Kami tidak menyangka kalau Kecamatan Abang sekarang menjadi kiblat Pencak Silat di Karangasem setelah berhasil mencatatkan 6 medali emas dan 2 perak. Kalau Kecamatan Kubu tidak usah diragukan lagi. Olahraga atletik masih sangat kuat dan belum tergeser sampai sekarang,”  tandas Suadi. (tio/bfn)