KPU Buleleng Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu

kpu-buleleng-gelar-simulasi-pemungutan-dan-penghitungan-suara-pemilu
KPU Buleleng Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu, Minggu(24/12/2023)
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Guna mempersiapkan dan menguji pelaksanaan tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024di Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar. Simulasi ini dilakukan secara “Real’ atau sebenarnya seperti pada Pemilu 2024 nantinya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Kab. Buleleng Komang Dudhi Udiyana ditemui disela kegiatan simulasi, pada Minggu (24/12/2023).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Komang Dudhi, bahwasannya simulasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, penyelenggara Pemilu di tingkat Desa, Kecamatan, sehingga nantinya dapat menjadi acuan tentang pemungutan dan penghitungan suara sesuai Peraturan KPU (PKPU). “Simulasi ini kita lakukan senyatanya atau real agar dalam Pemilu nanti dapat digunakan sebagai pedoman Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selain itu juga sebagai uji coba kesiapan mereka. Kita buatkan videonya untuk nantinya kita akan sosialisasikan dalam bentuk Bimtek kepada KPPS setiap desa/kelurahan jika sudah dibentuk dan dilantik,” terangnya.

Disinggung mengenai masing kurangnya anggota KPPS, Komang Dudhi optimis kuotanya akan terpenuhi. Pihaknya akan menerapkan 2 metode rekruitmen yaitu penunjukkan langsung oleh kepala wilayah untuk menunjuk langsung petugas KPPS di wilayahnya masing-masing, kemudian bekerjasama dengan lembaga pendidikan seperti kampus-kampus. “Jika kampus-kampus memiliki mahasiswa di wilayah masing-masing kita akan rekrut menjadi petugas KPPS. Seiring berjalannya waktu optimis akan terpenuhi petugas KPPS,” tegasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Sidatapa Made Sutama menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas ditunjukknya Desa Sidatapa sebagai lokus simulasi Pemilu 2024. Harapannya tentu dapat menambah wawasan kepada warganya serta petugas KPPS yang akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pebruari 2024 nanti. “Kami berterimakasih telah mendapat kehormatan oleh KPU sebagai tempat dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, sehingga masyarakat kami, KPPS tidak ragu-ragu lagi melaksanakan pemungutan suara, artinya masyarakat yang tuna aksara bisa melaksanakan pencoblosan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam simulasi tersebut Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana, Ketua Bawaslu Buleleng I Kadek Carna Wirata, Kadis Kominfosanti Ketut Suwarmawan, perwakilan Badan Kesbangpol, perwakilan Dinas Dukcapil, unsur Forkopimcam Banjar dan jajaran aparat Desa Sidetapa. (tya/bfn)