Langkah Karisma Menuju Pilkada Karangasem Sedikit Mulai Aman

Setorkan Syarat Dukungan ke KPU Diatas Batas Minimal

langkah-karisma-menuju-pilkada-karangasem-sedikit-mulai-aman
I Wayan Kari Subali (jaket hitam) dan I Ketut Putra Ismaya Jaya saat menyerahkan syarat dukungan sebagai calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen ke KPU Karangasem, Minggu (12/5/2024) malam.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Langkah I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya (Karisma)  yang maju Pilkada Karangasem melalui jalur independen, November 2024, mendatang,  sedikit mulai aman. Hal itu dikarenakan  dukumen syarat dukungan yang disetorkan ke KPU, Minggu (12/5/2024) malam, diatas batas minimal dan  sudah bisa diterima.

Pantauan di lapangan menyebutkan, Kari Subali bersama calon wakilnya I Ketut Putra Ismaya Jaya, datang ke kantor KPU Karangasem menggunakan pakaian adat kebesarannya.  Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Karangasem  ini, berangkat dari posko pemenangan  Karisma, di Jalan Untung Surapati Amlapura, pukul 22,46 Wita, menggunakan  kendaraan roda empat. Tiba di depan gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), jalan Gajah Mada, Amlapura,  rombongan yang menghantar paket Karisma menyetorkan dekumen syarat dukungan berhenti, lalu mereka berjalan  kaki  ke arah selatan menuju Kantor KPU Karangasem yang berjarak sekitar 500 meter. 

Tidak ada yel-yel yang disampaikan,  tim relawan paket Karisma berjalan sangat tertib dan tiba di Kantor KPU Karangasem sekitar pukul 23.13 Wita. Kedatangan pasangan bakal calon bupati dan bakal calon bupati dari  Paket Karisma diterima langsung Ketua KPU Karangasem I Putu Darma Budiasa dan komisioner  lainnya. Selesai  mengisi absensi, pasangan paket Karisma dan 10 orang perwakilan dari tim pemenangan digiring ke ruang rapat KPU untuk mengikuti proses serah terima  dokumen persyaratan  dukungan dari calon independen tersebut. 

Sesuai data SILONKADA yang dibacakan operator KPU Karangasem, syarat dukungan  yang disetorkan Karisma mencapai 49.219 KTP, lengkap dengan surat pernyataan. KPU bisa menerima syarat dukungan tersebut, karena sebaran dukungan yang dimiliki merata di delapan kecamatan yang ada di Karangasem.

Hasil pemeriksaan persyaratan dukungan yang dilakukan operator SILONKADA KPU Karangasem,  di Kecamatan Rendang, Karisma mendapat dukungan sebanyak 3835 orang, dukungan di Kecamatan Sidemen sebanyak 3509 orang, Kecamatan Manggis 4914 orang, Kecamatan Selat 2919 orang.

Paket Karisma juga mendulang dukungan cukup banyak di 4 Kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Karangasem, Abang, Bebandem dan Kecamatan Kubu.

Di Kecamatan Karangasem, Karisma mendapat dukungan  9891 orang, Kecamatan Abang mendapat dukungan sebanyak 8863 orang, Kecamatan Bebandem sebanyak 5472 orang dan Kecamatan Kubu dukungan yang didapatkan sebanyak 9816 orang. 

“Total dukungan  yang diserahkan melalui SILON sebanyak 49219 KTP, sedangkan syarat minimal berdasarkan keputusan KPU sebanyak 33053,” jelas Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa,  dikonfirmasi, Senin (13/5/2024)

Darma Budiasa, ,mengatakan,  syarat dukungan calon independen yang diterimanya itu, Senin hari ini mulai dilakukan verifikasi secara administrasi  hingga 29 Mei mendatang. “Mulai hari ini kami akan merekap semua dokumen syarat dukungan yang sudah diserahkan. Intinya, dukungan itu tetap memenuhi syarat sesuai ketentuan  yang ada,  kalau ini sudah terpenuhi maka  kami nyatakan sudah memenuhi syarat dan  dilanjutkan verifikasi faktual  semua dukungan ke lapangan,” jelasnya. 

Sementara itu, ditemui sebelum penyerahan syarat dukungan ke KPU, Kari Subali dan Ketut Putra Ismaya Jaya, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggikan kepada masyarakat Karangasem yang sudah memberikan dukungan untuk maju pada Pilkada nanti. 

Menurut pasangan paket Karisma ini, sebanyak 49 ribu dukungan lebih  dari masyarakat  yang didapatkan,, semakin memberi harapan besar bisa memenangkan kontestasi politik dalam Pilkada nanti. 

“Perjuangan  masih panjang, kami berharap tim  dan teman-teman relawan tetap guyub dan solid bergerak. Sehingga idaman bisa melahirkan pemimpin Karangasem yang independen dan peduli pada warga miskin bisa terkabulkan,” tandas Kari Subali. (tio/bfn)