Lantik Pengurus PII, Bupati Gede Dana Singgung Nama Ir Soekarno

lantik-pengurus-pii-bupati-gede-dana-singgung-nama-ir-soekarno
Bupati Karangasem I Gede Dana melantik POengurus Cabang Persatuan Insinyur Indonesia Kabupaten Karangasem

KARANGASEM, Balifactualnews.com-Bupati Karangasem I Gede Dana melantik puluhan anggota dan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Karangasem masa bhakti 2022-2025  di Musiun Pustaka Lontar Dukuh Penaban, Kelurahan Karangasem, Jumat (17/3/2023).

Pelantikan pengurus PII yang ditandai dengan penyematan PIN berlogo PII itu, dihadiri Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa,  Wakil Ketua PII Wilayah Bali Dewa Diarsana Putra dan  undangan lainnya. Pelantikan juga diisi serah terima produk rancangan Penataan Wajah Kota Amlapra  oleh Kadis PUPR Karangasem Ir Wedasmara ST.MT  sekaligus sebagai Ketua PII Karangasem

Bupati Karangasem dalam sambutannya, mengatakan, PPI merupakan organisasi para insinyur  yang memiliki profesi dibidang keinsinyuran yang diharapkan bisa dapat menjawab tangtangan  dan kebutuhan pembangunan pada bidang teknologi, industri dan infrastruktur.

“Gelar Insinyur mengingatkan kita pada Proklamator Negara  Republik Indonesia Ir Soekarno. Bliau pernah menyampaikan bahwa Bangsa yang tidak percaya  pada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Ini perlu dijadikan pedoman utamanya bagi  para insinyur yang sudah bergabung dalam wadah PII,” ucap Gede Dana, seraya mengajak para insinyur yang sudah bergabung dalam wadah PII untuk bisa berkontribusi terhadap pembangunan di Karangasem melalui bidang keahlian keinsinyuran masing-masing.

Ketua Dewan Pengurus Cabang PII Karangasem Wedasmara menyerahkan rancangan penataan Kota Amlapura kepada Bupati Karangasem I Gede Dana

Sebelumnya Ketua Pengurus Cabang PII Karangasem Ir Wedasmara ST.MT, mengatakan, Pengurus Cabang PII Karangasem terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Penasehat Dewan Pakar dan Dewan Pengurus.  Pelantikan Dewan Pengurus inti yang dilakukan itu mengacu UU Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran, Pasal  10.

“Undang-undang ini  mewajibkan setiap insinyur  yang akan melakukan praktik  Keinsinyuran harus memiliki  Surat Tanda  Registrasi Insinyur  yang dikeluarkan  PII. Sedangkan  Surat Tanda Resgistrasi Insinyur baru bisa didapatkan setelah menjadi anggota PII,” ungkap Wedasmara.

Dijelaskan, anggota PII,  meliputi S1  Sarjana Teknik,  dan Sarjana Hayati. “Saat ini para insinyur di Karangasem yang sudah memiliki KTA PII berjumlah 30 orang. Kedepan kami harapkan  anggota PII di Karangasem terus bertambah dan semakin berkembang, sehingga  bisa berkontribusi lebih besar terhadap pembangunan di Kabupaten Karangasem,” harapnya.

Sebagai organisasi yang baru dibentuk, kata Wedasmara, PII Karangasem berupaya memberikan kontribusi kepada Kabupaten Karangasem.  Salah satu kontribusi yang sudah dilakukan berupa pembuatan rancangan  penataan Kota Amlapura . Rancangan tersebut  sudah diserahkan langsung kepad Bupati Karangasem I Gede Dana selaku Dewan Pembina PII Karangasem.

Sementara Dewan Pengurus Cabang PII Karangasem yang dikukuhkan, meliputi, Ketua Ir Wedasmara ST MT,  Wakil Ketua ir I Gusti Ngurah Adi Putra ST, Sekretaris Ir I Wayan Surata ST. MAP,  Wakil Skretarir  Ir I Ketut Bagiarta ST.MT, Bendahara  Ir I Wayan Puja St, serta Wakil Bendahara  Ir I Gede Arsa Wiratmaja ST. (tio/bfn)

Exit mobile version