Mengikuti Studi Banding Humas Sekretariat DPRD Karangasem ke Jakarta

Petik Ilmu Sistem Kerjasama Media ke DPR RI dan DPRD DKI Jakarta

mengikuti-studi-banding-humas-sekretariat-dprd-karangasem-ke-jakarta
Foto: Studi Banding ke Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI
banner 120x600

JAKARTA, Balifactualnews.com – Humas Sekretariat DPRD Karangasem melakukan studi banding ke Jakarta selama dua hari. Biro Pemberitaan DPR RI dan Humas DPRD DKI Jakarta menjadi lokus kegiatan. Seperti apa?Ketut Parwata/ Jakarta.

Humas Sekretariat DPRD Karangasem bersama 15 awak media yang bertugas di gumi Lahar, melakukan lawatan ke Ibu Kota. Kegiatan yang sudah ter agenda setiap tahun itu, bertujuan untuk mencari tahu mode kerjasama yang diterapkan Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal (Sekjen) DPR RI dan Humas DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga : Pj. Gubernur Bali Kunjungi Pasar Murah Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan

Hari pertama kunjungan, Kamis (22/2) rombongan berkunjung ke Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI di Gedung Nusantara II Senayan Jakarta. Rombongan yang dipimpin Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Karangasem I Gusti Bagus Putra Sudewa SH, diterima Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Dr Indra Pahlevi SIP MSi bersama Kepala Bagian (Kabag) Humas Beni Rahman dan pejabat lainnya.

Rombongan studi banding tiba di kompleks Gedung DPR sekitar pukul 10.00 WIB. Pagi itu kondisi Gedung DPR RI relatif lengang, karena anggota DPR RI sedang menjalani reses ke daerah-daerah, terkait proses Pemilu 2024. Kendati lengang Gedung Parlemen yang berdiri megah itu tetap mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian. Setiap kendaraan masuk diperiksa menggunakan bantuan anjing pelacak.

Baca Juga : Pemerintah Pusat Tahun ini Gelontorkan 56 Miliar untuk Tuntaskan Perbaikan Jalan di Nusa Penida

Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Karangasem, I Gusti Bagus Putra Sudewa dihadapan para pejabat Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI, menyampaikan, bahwa studi banding ke Setjen DPR-RI bertujuan untuk mencari tahu model kerjasama media yang diterapkan Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI.

“Rombongan kami berjumlah 24 orang. Peserta dari unsur pejabat dan staf Sekretariat DPRD Karangasem serta sejumlah 15 awak media,” kata Putra Sudewa.

Dia menjelaskan, awak media, baik media cetak, elektronik dan media online, diikutsertakan dalam studi banding karena sudah menjadi mitra kerja. “Teman-teman media yang kami ajak inilah yang setiap hari menyebarkan berita-berita kegiatan pimpinan dan anggota DPRD Karangasem. Kami berharap Bapak Kepala Biro berkenan berbagi kiat-kiat menjalin kerja sama dengan media massa dalam penyebaran informasi. Semua itu akan kami terapkan di DPRD Karangasem,” papar I Gusti Bagus Putra Sudewa.

Baca Juga : Sekda Dewa Indra Sambut Kedatangan Wisatawan Kapal Pesiar I Setelah Diberlakukannya Tourist Levy

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI, Dr Indra Pahlevi, memaparkan, dalam menunjang dan mensukseskan program di Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI, pihaknya merangkul banyak media massa. Seperti televisi nasional, radio pemerintah dan radio swasta. Juga media online.

“Kami juga memproduksi paket berita dengan beragam konten. Yakni tentang kegiatan pimpinan dan anggota DPR-RI, berupa sidang-sidang, dengar pendapat komisi-komisi dengan mitra kerjanya. Paket berita itu disebarkan ke semua media massa. Kami juga memiliki TV Parlemen, majalah, buletin, buku, website dan sejumlah medsos. Untuk majalah dan buletin saat ini oplahnya dikurangi karena sudah kebanyakan informasi disampaikan dalam bentuk digital,” tandasnya.

Sementara studi banding di Kantor DPRD DKI Jakarta, rombongan diterima tiga orang tenaga ahli urusan pemberitaan Bagian Humas DPRD Provinsi DKI Jakarta. Mereka adalah Staris, Eko dan Tenamalinda. Staris yang bertindak sebagai juru bicara (jubir), mengatakan, semua tenaga ahli yang bekerja di Bagian Humas Pemprov DKI Jakarta berjumlah 28 orang.

“Kami dari berbagai latar belakang keahlian. Ada beberapa orang dengan background pekerja media massa. Jadi kami bukan ASN. Tugas dan tanggung jawab kami membuat program-program dan konten berita seputar kegiatan DPRD Provinsi DKI Jakarta. Juga mengelola website. Melakukan liputan kegiatan pimpinan dan anggota dewan. Berita-berita dengan konten menarik dan mengedukasi masyarakat, kami salurkan ke berbagai media massa dan media sosial,” terang Staris.

Baca Juga : Bapanas RI bersama Pemkab Gianyar Menggelar Gerakan Pangan Murah Jelang Hari Raya

Selaku pimpinan rombongan studi banding Humas Sekretariat DPRD Karangasem, I Gusti Bagus Putra Sudewa menyampaikan banyak-banyak terima kasih pada tenaga ahli urusan pemberitaan Bagian Humas Pemprov DKI Jakarta, dikarenakan menerima dengan baik dan kekeluargaan rombongan dari Bali di tengah-tengah kesibukan mereka.

Studi banding Humas Sekretariat DPRD Karangasem, I Gusti Bagus Putra Sudewa menyampaikan banyak-banyak terima kasih pada tenaga ahli urusan pemberitaan Bagian Humas Pemprov DKI Jakarta, dikarenakan menerima dengan baik dan kekeluargaan rombongan dari Bali di tengah-tengah kesibukan mereka.

“Pengetahuan dan pengalaman yang kami dapat di sini (DPRD Provinsi DKI Jakarta red) sangat penting dan berguna untuk kami terapkan di tempat tugas nanti. Sekali lagi terima kasih atas penerimaannya,” pungkas Bagus Putra Sudewa. (tio/bfn)