Monitoring Proyek, Bupati Dana Kecewa Kualitas Pekerjaan Rekanan

banner 120x600
Bupati Karangasem I Gede Dana monitoring proyek jalan di wilayah Kecamatan Rendang. Senin(15/11/2021).

KARANGASEM, Balifactualnews.com — Saat monitoring pengerjaan proyek peningkatan ruas jalan Pemuteran-Puragai di Kecamatan Rendang, Bupati Gede Dana menyoroti kualitas pengerjaan proyek yang dinilainya kurang memadai. Bupati asal Desa Datah Kecamatan Abang itu terlihat kecewa dan tidak puas, setelah mengecek secara detail proyek tersebut pada Senin 15 Nopember 2021.

PT Sanur Jaya Utama yang memenangkan tender proyek senilai Rp 6.177.373.000, dinilai mengerjakannya dengan asal asalan.  “Pekerjaan yang sudah dilaksanakan ini sangat sia-sia. Anggaran yang diserap cukup besar, seharusnya bisa mendapatkan kualitas proyek yang bagus dan memadai. Tapi yang terjadi rekanan malah mengerjakan dengan asal asalan,” tegas Bupati Gede Dana.

Melihat pengerjaan proyek peningkatan ruas jalan Pemuteran-Puragae yang amburadul, saat itu juga Bupati Dana langsung memerintahkan Dinas PU dan Pengawas lainnya agar melakukan pengawasan secara sungguh-sungguh. Pasalnya, sepanjang monitoring yang dilakukan, pihaknya melihat tidak ada yang memenuhi kriteria yang memadai. Bukan itu saja, proyek yang dikerjakan hasilnya juga tidak bagus dan memuaskan.

“Kalau masih seperti ini pengawasnya kita ganti saja dan saya akan membuat pengawas independen. Saya pastikan kalau hasilnya tidak sesuai ketentuan , pemerintah akan menagih ganti rugi kepada rekanan,” tegasnya.

Dalam monitoring tersebut progres pengerjaan proyek jalan Pemuteran-Puragai di Kecamatan Rendang telah mencapai 59,446 persen dari yang direncanakan 58,60 persen dengan deviasi 0,838 persen.

Selanjutnya Bupati Gede Dana juga turun untuk memantau pembangunan jembatan Box Culvert, Tukad Dalem penghubung ruas jalan Junggul-Pura Panggul Besi, Kecamatan Rendang, yang dilaksanakan oleh rekanan CV Karya Budi dengan nilai kontrak Rp 1.463.432.000. Proyek terse but progresnya baru mencapai 66.181 persen dari yang direncanakan sesuai jadwal 76.704 persen dengan deviasi 0.483 persen. Dalam pantauannya Bupati mengapresiasi progress pengerjaan proyek jembatan tersebut. (ger/bfn)