Muncul Skenario Koalisi Biru di Pilkada Karangasem

muncul-skenario-koalisi-biru-di-pilkada-karangasem
I Gusti Putu Parwata SE dan I Wayan Pandu Prapanca Lagosa SH.MH
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Arah politik di Karangasem menjelang Pilkada November 2024 nanti, bergerak kian dinamis. Beberapa tokoh dan pesohor di Gumi Lahar mulai intens membangun komunikasi politik. Terbaru muncul skenario koalisi biru (NasDem-Demokrat) dengan tetap mengedepankan I Gusti Putu Parwata SE, sebagai bakal calon bupatinya. 

Koalisi biru Pilkada Karangasem bukan hanya gencar digaungkan kader dan elit kedua partai, namun juga semakin masif disuarakan kalangan akar rumput. Kabarnya koalisi ini mulai mendekati final, karena kader kedua partai semakin intens menggelar pertemuan. 

Ketua DPC Partai Demokrat Karangasem, I Komang Wirawan  bersama sekretaris partai, I Wayan Supartha membenarkan hal itu. Dia mengatakan,  partai besutan Surya Paloh dan Agus Harimurti Yudhoyono itu  sedang membangun komunikasi untuk persiapan koalisi menghadapi Pilkada 2024 di Gumi Lahar.

“Pembicaraan arah koalisi sudah semakin mengerucut. Sekarang tinggal memantapkan saja,” kata Komang Wirawan yang dibenarkan I Wayan Supartha saat dikonfirmasi, Jumat (12/4/2024).

Menurut Supartha koalisi biru yang dibangunnya, tetap menempatkan I Gusti Putu Parwata sebagai bakal calon bupatinya.  Tokoh pemuda yang memiliki pendukung militan dibawah bendera GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu)  itu, dinilai layak menjadi bakal calon bupati. Selain familiar dan visioner, mantan Ketua KNPI Karangasem ini, juga memiliki basis massa  di lintas komunitas. 

Kendati menorehkan kursi lebih banyak di DPRD Karangasem, Demokrat tetap legowo posisi bakal calon bupati diberikan kepada GusPar (sapaan akrab I Gusti Putu Parwata,red) yang diusung NasDem. Sedangkan demokrat  cukup mengambil posisi di Karangasem 2 (bakal calon wakil Bupati). 

Terhadap hal ini, Demokrat memunculkan sederet nama di posisi wakil, namun nama I Wayan Pandu Prapanca Lagosa SH.MH semakin mengerucut untuk menjadi pendamping GusPar.  Pandu Lagosa  (politisi PDI perjuangan) yang kini   menekuni profesinya sebagai advokat dilirik menjadi pendamping putra I Gusti Made Tusan itu, selain untuk memecah suara I Gede Dana di Kecamatan Abang, mantan  Ketua Komisi I DPRD Karangasem ini juga memiliki barisan cukup kuat di kalangan pasemetonan Maha Gotra Sanak Sapta Rsi. 

Terhadap hal ini, Pandu Prapanca Lagosa belum mau berbicara terlalu banyak. Kendati demikian, dia menyatakan kesiapannya untuk maju  sepanjang dorongan itu memang muncul dari masyarakat Karangasem. 

“Mengalir saja, kalau masyarakat Karangasem memberikan amanah saya sangat siap untuk itu,” kata Pandu Prapanca Lagosa. 

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemuda DPD Partai Nasdem Karangasem, I Gusti Gede Subagiartha tak menampik hal itu.  Kendati komunikasi politik yang dibangun baru dalam bentuk silaturahmi biasa, namun tidak menutup kemungkinan untuk membuka peluang terwujudnya koalisi biru  dalam Pilkada nanti. 

“Ya, kami intens menjalin komunikasi politik dengan parpol lain. Tidak hanya Partai Demokrat, kami juga menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra, Golkar, termasuk juga PDI Perjuangan,” pungkas pria yang kini duduk sebagai Wakil Ketua 2 DPRD Karangasem itu. (tio/bfn)