Pemilu 2024, Partisipasi Masyarakat Karangasem Lampaui Target

pemilu-2024-partisipasi-masyarakat-karangasem-lampaui-target
Foto: Kadek Sukara
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – KPU Karangasem berhasil memenuhi target 83 % partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024, mengalami peningkatan dari Pemilu 2019 dengan partisipasi masyarakat mencapai 78 %. Keberhasilan yang dicapai itu tak terlepas dari masifnya sosialisasi yang dilakukan jauh sebelum Pemilu dilaksanakan.

Ketua KPU Karangasem I Putu Darma Budiasa, melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Karangasem, I Kadek Sukara, mengungkapkan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 ini mencapai 83 persen. “Partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS saat hari H pencoblosan melampaui target. Awalnya kami menargetkan partisipasi masyarakat 80 %, tapi target itu terlampaui menjadi 83 %,” kata Sukara, dikonfirmasi, Selasa (5/3).

Baca Juga : Dramatis, Penyerahan Bayi yang Ditemukan di Garasi Mobil ke Dinsos Bali

Dibandingkan Pemilu 2024, lanjut Sukara, peningkatan partisipasi masyarakat mencapai 5 %. Menurutnya peningkatan sebanyak sangat bagus, di tengah kondisi geografis karangasem yang berbukit dan beberapa wilayah masyarakatnya jauh dari TPS.

“Kami tidak menyangka partisipasi masyarakat bisa meningkat hingga 5 %. Ini angka yang cukup bagus, karena meningkatkan partisipasi masyarakat itu tidak mudah, perlu kerja keras semua pihak. Peningkatan partisipasi masyarakat ini juga membuktikan bahwa masyarakat Karangasem sudah semakin sadar untuk menyuarakan hak pilihnya dalam berdemokrasi,” kata Sukara.

Baca Juga : KPK Jadikan Gianyar Kabupaten Percontohan Anti Korupsi

Atas keberhasilan dalam mendongkrak partisipasi masyarakat pada Pemilu tahun ini. Sukada dan Komisioner KPU Karangasem lainnya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kerja keras pihak terkait, seperti PPK, PPS, dan KPPS, sehingga Pemilu berjalan dengan baik dan lancar.

“Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari dari gencarnya sosialisasi yang kami lakukan selama ini, sehingga mampu memenuhi target, bahkan sedikit melebihi sesuai target yang diberikan oleh KPU Provinsi Bali. Peserta Pemilu juga memberikan andil yang cukup bagus, sehingga masyarakat bisa menggunakan haknya dengan baik,” pungkas Sukara. (tio/bfn)