PJ Bupati Lihadnyana Ajak Seluruh Pihak Kembali Sukseskan Pilkada Serentak di Kabupaten Buleleng

pj-bupati-lihadnyana-ajak-seluruh-pihak-kembali-sukseskan-pilkada-serentak-di-kabupaten-buleleng
Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Buleleng Periode 2024-2029, di The Grand Villandra Resort, pada Kamis (2/5/2024) sore.
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Penjabat (PJ) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengajak seluruh stakeholder yang berperan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum di Kabupaten Buleleng untuk menjaga situasi kondusif, dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Nasional Serentak di Kabupaten Buleleng.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Buleleng Periode 2024-2029, di The Grand Villandra Resort, pada Kamis (2/5/2024) sore.

Lihadnyana menyampaikan, segenap tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Buleleng telah terlalui dengan sukses dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari dua indikator. Pertama ialah tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu 2024 di Kabupaten Buleleng berada pada persentase 75,57%. Dimana telah mengalami peningkatan dari partisipasi pemilih dalam pemilu 2019 sebesar 73,66%.

Sedangkan Indikator kedua ialah situasi yang tertib dan tentram menjelang selama dan pasca pemilu. Dimana stabilitas keamanan di daerah Kabupaten Buleleng terjaga dengan sangat kondusif. Tentunya keberhasilan tersebut adalah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dari semua stakeholder. “Dan saya berharap agar sinergi yang baik ini dapat terus berlanjut khususnya dalam menghadapi pemilukada nasional serentak yang sebentar lagi akan kita laksanakan,” ungkap Lihadnyana.

Dalam kesempatan ini, Lihadnyana menyampaikan terimakasih kepada jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten Buleleng yang telah melaksanakan tugas penyelenggaraan dan pengawasan pemilu dengan tanggung jawab. Juga kepada pihak pengamanan yang membantu pelaksanaannya aman dan kondusif. Selain itu, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh partai politik peserta pemilu di Kabupaten Buleleng, dan seluruh masyarakat. Sehingga pemilu bisa berjalan dengan sukses nyaman damai. “Kami mengucapkan rasa terimakasih dan rasa haru. Bahwa Kabupaten Buleleng mampu menunjukkan pemilu yang damai lancar tentram dan sejuk. Ini adalah salah satu indikator bahwa pilkada nasional serentak juga akan berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” katanya.

Dengan ditandatanganinya berita acara rekapitulasi perolehan kursi dan penetapan calon terpilih, dirinya mengajak seluruh partai politik untuk tetap menghormati hasil pemilu. Sehingga, apa yang telah menjadi komitmen dan kerjasama yang telah terjalin yakni untuk membangun Kabupaten budaya dapat diwujudkan. Terakhir, Lihadnyana mengucapkan selamat kepada calon anggota legislatif yang telah terpilih. “Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik sebagai wakil rakyat serta dapat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Buleleng maupun dengan anggota dewan lainnya,” ungkapnya.

Dari 45 kuota kursi DPRD Kabupaten Buleleng, ditetapkan perolehan sebagai berikut: PKB 1 kursi, Partai Gerindra 4 kursi, PDIP 18 kursi, Partai Golkar 11 kursi, Partai Nasdem 6 kursi, Partai Hanura 2 kursi, dan Partai Demokrat 3 kursi. (tya/bfn)