PKPU No 8 Tahun 2024, Ringankan Beban Calon Perseorangan Pilkada. Tidak ada Klausul Kurang Satu Tambah Dua

pkpu-no-8-tahun-2024-ringankan-beban-calon-perseorangan-pilkada-tidak-ada-klausul-kurang-satu-tambah-dua
Ketua KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Calon Perseorangan atau Independen yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak di Karangasem sangat diringankan bebannya atas terbitnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2024.

Didalam Peraturan KPU tersebut tidak ditemukan adanya klausul yang menyatakan adanya kemungkinan untuk menambahkan dua kali dari jumlah dukungan yang kurang jika ditemukan TMS saat dilakukan verifikasi faktual terhadap syarat dukungan calon perseorangan tersebut.

Kepada awak media, Ketua KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa juga tak membantah hal itu. PKPU terbaru tersebut, kata dia tidak ada klausul yang menyebutkan tentang kurang satu tambah dua terkait dengan syarat dukungan perseorangan yang kurang dari jumlah minimalnya. “Dalam PKPU tersebut hanya disebutkan untuk melengkapi sejumlah kekurangannya saja,” ujarnya kepada awak media, Selasa(9/7).

Lanjut Budiasa, meskipun begitu, pihaknya tetap memberitahukan agar calon perseorangan sebisanya menyetorkan jumlah yang tidak pas-pasan. Hal demuikian kata dia untuk mengantisipasi jikalau ada lagi dinyatakan TMS saat dilakukan Verfak.

Menurut Budiasa, pihaknya saat ini masih terus melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap dukungan perseorangan di tingkat Kecamatan. “Untuk Plenonya rencananya akan dilaksanakan beberapa hari kedepan ini,” pungkasnya. (ger/bfn)