Ruang Pemulasaran Jenazah Over Load Saat Nyepi, ini Kata Dirut RSU Klungkung

ruang-pemulasaran-jenazah-over-load-saat-nyepi-ini-kata-dirut-rsu-klungkung
Dirut RSU Klungkung, dr Nengah Winata.
banner 120x600
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak menyimpan jenazah keluarganya berhari hari dirumah yang menyebabkan mayat bisa malah rusak,kini warga mulai memanfaatkan ruang pemulasaran jenazah yang steril dan tersimpan difrezer kulkas diruangan sehingga aman dari pembusukan.
Namun kondisi trent positip ini berbalik dengan kondisi ruang pemulasaran jenazah yang terbatas. Karena dari total prezer kulkas yang ada hanya 17 ,ini sangat membuat kondisi ruang penyimpanan harus over load.
Kondisi ini terjadi saat awal Hari Kuningan hingga hari Nyepi diketahui banyak mayat yang minta disimpan di RSU Klungkung harus gigit jari. Walaupun masyarakat siap membayar biaya yang dikutip pihak RSU Klungkung.
Terkait kondisi over load ruang pemulasaran jenazah RSU Klungkung ini dibenarkan oleh Dirut RSU Klungkung dr Nyoman Winata .
Menurutnya dihubungi Rebo(13/3/2024)  bahwa Total mayat yang  ada diruang instalasi pemulasaran jenasah ada  27 mayat yang disimpan.
” Dari total 27 mayat yang didimpan itu ada  10 mayat di kulkas dan yang ditaruh diluar frezer ada  17 mayat, semoga kedepan RSUD bisa menambah jumlah kulkas dikamar pemulasaran jenazah,” ujar Dirut Dr Nengah Winata optimis.
Sementara itu Kasi Humas RSU Klungkung Gusti Putu Widiyasa  menambahkan, bahwa sesuai informasi untuk  freezer memang penuh, namun diluar masih bisa kami tampung lagi 5 jenazah
habis itu normal,ini sebenarnya Waktu hari raya galungan, kuningan dan nyepi saja terjadi peningkatan penitipan.
“Terkait biaya penitipan jenazah dia menyebutkan kalau diluar biayanya 85 rb belum termasuk dry ice,jika didalam
dengan  freezer 250 rb per hari ,” ungkapnya.
Sementara itu salah seorang warga Jelantik Made Suryawan ditemui disela sela penitipan jenazah keluarganya menyatakan bisa memahami kondisi ruang pemulasaran jenazah RSU Klungkung.
” Ya mayat keluarga kami yang penting dapat tersimpan dengan baik di ruang jenazah RSU Klungkung. Walaupun saya harus usahakan peti dan es sendiri selama disimpan,” ungkapnya.
Dirinya berharaf kedepan RSU Klungkung bisa memperluas ruang pemulasaran jenazah RSU Klungkung,mengingat RSU Klungkung adalah rumah sakit yang terbesar dikawasan Bali Timur,kilahnya. (Roni/bfn)