Sekda Suyasa Dorong 32 Sekolah Peraih Adiwiyata Kabupaten Naik Level Menuju Adiwiyata Provinsi

sekda-suyasa-dorong-32-sekolah-peraih-adiwiyata-kabupaten-naik-level-menuju-adiwiyata-provinsi
Penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Buleleng dan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023 di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Buleleng, pada Selasa (28/11/2023).
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengaku bangga semakin banyak sekolah di Kabupaten Buleleng mampu meraih Sekolah Adiwiyata Kabupaten 2023. Namun demikian pihaknya meminta agar seluruh Kepala Sekolah tidak puas akan hasil itu, melainkan meningkatkan lagi level Adiwiyata menuju ke tingkat sekolah adiwiyata provinsi. Demikian terungkap dalam penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Buleleng dan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023 di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Buleleng, pada Selasa (28/11/2023).

Mewakili Penjabat Bupati Buleleng, Sekda Suyasa dalam sambutannya meminta seluruh sekolah benar-benar menjaga kebersihan, keasrian dan kelestarian lingkungan sebagai dasar membangun kenyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas di sekolah. Hal itu penting dilakukan, selain dalam rangka menuju sekolah adiwiyata, juga untuk mendukung pembangunan berkelanjutan melalui gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Terkait peningkatan jumlah sekolah peraih adiwiyata, pihaknya juga merasa bangga akan perkembangan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng yang semakin baik setiap tahunnya. “Sekarang ada 32 sekolah yang meraih Sekolah Adiwiyata Kabupaten, Bapak Ibu jangan berhenti disini, harus segera meningkatkan lagi levelnya ke tingkat Adiwiyata Provinsi. Apalagi banyak sekolah-sekolah yang memiliki potensi untuk mencapai hal itu,” pinta Sekda Suyasa.

Sementara itu dalam laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, Gede Melandrat menyampaikan bahwasannya sekolah-sekolah di Buleleng tidak hanya telah meraih Sekolah Adiwiyata Kabupaten saja, melainkan juga terdapat beberapa sekolah yang sukses menuju Adiwiyata Provinsi, Nasional bahkan Mandiri. Berdasarkan data yang telah dihimpun DLH Buleleng, pada tahun ini sebanyak 7 sekolah di Buleleng meraih prestasi gemilang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. “Pada Oktober lalu telah ditetapkan sebanyak 3 sekolah meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri dan 4 sekolah lagi meraih Sekolah Adiwiyata Nasional. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta. Ini merupakan prestasi luar biasa,” ujar Kadis Melandrat.

Terkait raihan terbaru itu, pihaknya menerangkan sampai dengan tahun 2023 Pemkab Buleleng telah memiliki 6 Sekolah Adiwiyata Mandiri, 12 Sekolah Adiwiyata Nasional, 22 Sekolah Adiwiyata Provinsi dan 75 Sekolah Adiwiyata Kabupaten. (tya/bfn).