Serangkaian Nyepi Caka 1946, Pemkab Karangasem Melaksanakan Tawur Agung Kesanga Tabuh Gentuh

serangkaian-nyepi-caka-1946-pemkab-karangasem-melaksanakan-tawur-agung-kesanga-tabuh-gentuh
Serangkaian pelaksanaan Nyepi Tahun Caka 1946, Pemerintah Kabupaten Karangasem melaksanakanUpacara Tawur Agung Kesanga - Tabuh Gentuh, di hari pengrupukan pada Tilem Sasih Kesanga di Taman Budaya Lapangan Candra Bhuana Amlapura, Minggu(10/3).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Serangkaian pelaksanaan Nyepi Tahun Caka 1946, Pemerintah Kabupaten Karangasem melaksanakanUpacara Tawur Agung Kesanga – Tabuh Gentuh, di hari pengrupukan pada Tilem Sasih Kesanga di Taman Budaya Lapangan Candra Bhuana Amlapura, Minggu(10/3).

Bupati Karangasem I Gede Dana, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta turut hadir dalam acara tersebut bersama dengan berbagai undangan lainnya. Upacara ini diselenggarakan sebagai bagian dari tradisi dan ungkapan syukur dalam menyambut Hari Raya Nyepi.

Tawur Agung Kesanga Tabuh Gentuh dipusatkan di lapangan Candra Bhuwana Amlapura dan dipuput oleh dua orang sulinggih Siwa-Budha. Ida Pedanda Putu Cau dari Geria Cau, Kelurahan Karangasem dan Ida Pedanda Gede Sidemen dari Geria Taman Asri, Saren, Desa Budakeling, Bebandem. Sedangkan, Pedanda Tapini, Ida Pedanda Istri Keniten dari Geria Keniten, Kelurahan Karangasem. Kelengkapan puncak acara juga digelar berbagai pagelaran seni wayang, topeng dan rejang.

Dalam wawancara setelah acara, Bupati Karangasem I Gede Dana mengungkapkan bahwa tujuan dari upacara ini adalah untuk menetralisir bhuta kala secara niskala serta sebagai ungkapan syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa menyambut Hari Raya Nyepi.

Bupati Dana juga menghimbau agar pelaksanaan arak-arakan ogoh-ogoh dan hari suci Nyepi dilakukan dengan penuh keamanan, keharmonisan, dan toleransi. Peserta juga diminta untuk tidak mengonsumsi minuman keras beralkohol serta mematuhi arahan dari pecalang demi menjaga ketertiban selama prosesi berlangsung.

Berbagai tokoh Puri dan pejabat dari berbagai instansi di Kabupaten Karangasem juga turut hadir dalam acara tersebut. (rl/bfn)