SIJIWA: Inovasi Kepegawaian Buleleng Dalam Wujudkan Pelayanan Publik Optimal

sijiwa-inovasi-kepegawaian-buleleng-dalam-wujudkan-pelayanan-publik-optimal
Pemerintah Kabupaten Buleleng, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, meresmikan program inovatif  "SIJIWA". Aplikasi ini dapat diakses melalui QR-code dan terhubung langsung ke platform WhatsApp, Selasa (26/12/2023).
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Pelayanan kepegawaian yang efektif dan efisien menjadi landasan bagi optimalisasi pelayanan publik di daerah. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Buleleng, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, meresmikan program inovatif yang menjawab beragam permasalahan administrasi kepegawaian di lingkup pemerintahan daerah, yakni “SIJIWA”. Aplikasi ini dapat diakses melalui QR-code dan terhubung langsung ke platform WhatsApp.

Dikembangkan oleh Dek Sintya Adinda Sari, S.Psi, yang merupakan finalis juara 2 ASN Berprestasi Buleleng Tahun 2023 dan menjabat sebagai Staf Analis Penegakan Integritas dan Disiplin Sumber Daya Manusia Aparatur, SIJIWA dirinci pada acara Bincang Komunikasi, pada Selasa (26/12/2023). Dalam pemaparannya, Sintya Adinda Sari menjelaskan bahwa ide pembuatan “SIJIWA” bermula dari keinginan untuk memudahkan segala kebutuhan administrasi kepegawaian di lingkungan Pemkab Buleleng, termasuk bagi ASN, Non-ASN, dan pensiunan ASN.

Dengan mengusung konsep knowledge sharing, SIJIWA menyediakan informasi kepegawaian yang melibatkan aspek-aspek seperti jaminan hari tua, jaminan pensiun, kenaikan pangkat, serta disiplin, sesuai dengan Norma Standar Prosedur Kriteria (NSPK). Keunggulan lain dari SIJIWA adalah kemampuannya untuk meminimalkan perjalanan pegawai yang ingin berkoordinasi dengan BKPSDM, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dengan memungkinkan pengurusan kepegawaian tanpa meninggalkan tempat kerja, dan mengurangi risiko komunikasi yang kurang efektif dengan bidang kepegawaian di berbagai instansi. “Melalui Sijiwa ini memberikan informasi kepada pegawai lingkup Pemkab Buleleng yang ingin mengetahui informasi baik dan benar yang sudah sesuai dengan pengawasan dan pengendalian (Wasdal) dari BKN,” tegasnya.

Sintya menekankan bahwa SIJIWA memberikan informasi yang akurat kepada pegawai Pemkab Buleleng, sesuai dengan pengawasan dan pengendalian (Wasdal) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Akses ke SIJIWA dapat dilakukan melalui QR Code yang dapat diunduh melalui akun media sosial resmi BKPSDM Buleleng di Instagram dan Facebook, atau langsung melalui nomor WhatsApp 085175359880. Selanjutnya, pengguna dapat terhubung dengan layanan SIJIWA di WhatsApp untuk mengajukan pertanyaan dan melengkapi formulir data pemohon.

Dalam pengembangan selanjutnya, Sintya mengungkapkan bahwa akan ada perbaikan teknis dalam hal pertanyaan yang diajukan dan penambahan topik pertanyaan. Secara teknis, SIJIWA akan menyediakan ensiklopedia kepegawaian agar pengguna dapat mencari informasi mengenai persyaratan kepegawaian. Topik pertanyaan tidak hanya terbatas pada administrasi kepegawaian, melainkan juga melibatkan aturan dan larangan yang berlaku bagi pegawai.

Sintya berharap bahwa SIJIWA dapat menjadi jiwa bagi seluruh ASN dan Non-ASN di Buleleng, menjadi solusi untuk berbagai permasalahan kepegawaian. Dengan demikian, diharapka produktivitas pegawai dapat meningkat, dan pelayanan kepada masyarakat dapat optimal. “Respon dari masyarakat selama ini sangat positif berdasarkan hasil kuesioner yang kami terima. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengakses SIJIWA guna mendapatkan informasi kepegawaian secara efektif dan efisien,” pungkasnya. (tya/bfn)