Strategi Pengendalian Inflasi Pemkab Karangasem Mendapat Apresiasi Bank Indonesia

banner 120x600


KARANGASEM, Balifactualnews.com

Bank IndonesiaApresiasi Strategi Karangasem KendalikanInflasi Daerah

KARANGASEM, Balifactualnews.com — Mengadiri rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada Kamis 4 Nopember 2021 di wantilan Kantor Bupati Karangasem, Donny H. Heatubun, ahli Ekonomi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali sangat mengapresiasi dan mendukung strategi pengendalian inflasi daerah yang dilakukan Pemerintah kabupaten Karangasem. Dipimpin Bupati Gede Dana, rapat tersebut juga dihadiri Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, kepala OPD terkait se- Kabupaten Karangasem, dan undangan lainnya.

Dikatakannya, strategi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terus digenjot Bupati Gede Dana, bertujuan untuk memonitor ketersedian pasokan kebutuhan pokok , stabilasi pasar, distribusi dan komunikasi apalagi menjelang hari raya besar yang akan datang.

“Apa yang dilakukan saat ini oleh pemerintah kabupaten Karangasem sangat bagus, dan kami pihak Bank Indonesia (BI), mendukung OPD terkait TIPD ini untuk melakukan inovasi,” terang Donny.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga dan menjaga inflasi daerah menjelang hari Raya Galungan dan Kuningan, Bupati  Gede Dana mengatakan melalui Dinas Periindustrian dan Perdagangan melaksanakan Pasar Murah di delapan Kecamatan. Selain itu, pihaknya juga mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan peran digitalisasi UMKM, dengan membuat aplikasi PEKENAN (Pemasaran Karangasem Era Baru Prakerti Nadi).

“Respon masyarakat sangat baik terhadap program tersebut. Aplikasi PEKENAN ini sebagai  sarana pemasaran berbasis online bagi para pelaku UMKM dan IKM sehingga mampu memperluas jaringan pemasaran yang ada,” ucap Bupati Gede Dana.
Selain dihadiri ahli ekomoni perwakilan Bank Indonesaia Provinsi Bali, rapat strategi TIPD tersebut juga dihadiri
Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, kepala OPD terkait se- Kabupaten Karangasem, dan undangan lainnya. (watt)