TTP Tak Cair, Guru di Karangasem Melenguh

ttp-tak-cair-guru-di-karangasem-melenguh
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanagsem, I Wayan Sutrisna
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Tahun baru 2024 wajah tenaga pengajar di Karangasem bukannya sumringah. Semangat mereka untuk mengasuh siswa didiknya agar lebih berprestasi seakan pudar. Mereka melenguh karena Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau tunjangan tambahan penghasilan (TTP), yang meski mereka terima pada triwulan IV tahun 2023, hingga kini belum bisa didapatkan.

Sekadar diketahui, TPG untuk guru PNS bersertifikasi belum cair pada bulan Desember saja, sedangkan untuk bulan Oktober dan November semuanya sudah clear. Kondisi paling menyedihkan terjadi pada guru sertifikasi PPPK. TPG yang mereka miliki belum cair sejak bulan Agustus hingga Triwulan IV tahun 2023.

“Seharusnya kami menerima tunjangan tambahan penghasilan (TTP) satu kali gaji dalam setiap bulan, tapi dibayarkan setiap Triwulan. Selain menjadi hak, bagi kami tunjangan penghasilan ini sangat penting,” ketus salah seorang guru yang mengaku mengajar di wilayah Kecamatan Karangasem.

Dikonfirmasi wartawan, Selasa (2/1), Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), I Wayan Sutrisna tak menampik kondisi tersebut. Dia mengatakan, TPG guru sertifikasi belum bisa dicairkan pada Desember Triwulan IV, karena Dana Tambahan (Buffer) baru ditransfer ke kas daerah pada akhir Desember 2023. Padahal amprahan sudah harus masuk per tanggal 27 Desember 2023.

“Kami pastikan pencairan TPG untuk bulan Desember 2023 akan dicairkan pada triwulan I tahun 2023,” tegas Sutrisna.

Sutrisna menjelaskan, pencairan dana transfer tersebut sesuai dengan regulasi harus melalui mekanisme APBD yaitu dengan Peraturan Kepala Daerah (PERKADA). Mengingat tidak cukup waktu untuk melakukan perubahan di pagu anggaran TPG tahun 2023, maka TPG triwulan IV hanya cukup dibayarkan untuk PNSD sebanyak 2 bulan, yakni bulan Oktober dan November. Sedangkan tunjangan untuk PPPK baru dibayar 1 bulan saja, yakni bulan juli 2023. (tio/bfn)