Daerah  

Urus Dokumen di Disdukcapil Karangasem Semakin Mudah dan Cepat

urus-dokumen-di-disdukcapil-karangasem-semakin-mudah-dan-cepat
Kadisdukcapil Kabupaten Karangasem, Drs Made Kusuma Negara.
banner 120x600

 


KARANGASEM – Teknologi adalah bagian dari perkembangan jaman. Perubahan teknologi yang sedemikian cepat dan mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk pelayanan publik.

Keberadaan teknologi diharapkan menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan. Sebagaimana yang dilakukan dalam proses pencetakan surat atau dokumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karangasem, saat ini semakin mudah dan cepat. Disdukcapil telah memaksimalkan pelayanan secara online.

Kepala Dinas Dukcapil Karangasem, Drs. Made Kusuma Negara seijin Bupati Karangasem I Gede Dana kepada Balifactualnews.com menjelaskan, system go digital yang saat ini digunakan pihaknya adalah untuk menjawab tantangan jaman yang semakin cepat, akurat dan efesien.

Baca Juga : Rahina Tumpek Krulut, Gubernur Koster Gelorakan Masyarakat Ngamargiang Rahina Tresna Asih Niskala-Sakala

“Penerapan system digital tidak hanya menghemat anggaran juga untuk menyikapi era yang serba digitalitasi. Untuk mempermudah layanan, masyarakat bisa mengakses seperti pembuatan akte dan pencetakan Suket dengan hanya mengirimkan photo persyaratan saja via email disdukcapil, nantinya setelah diproses pemohon akan mendapat notifikasi balasan via email dinasdukcapil37@gmail.com,” kata Kusuma Negara.

Dari segi penghematan anggaran misalnya, lanjut Kusuma Negara, data kependudukan tidak lagi menggunakan blanko tetapi  diganti dengan kertas. “Efesiensi berbasis online yang dimaksud, salah satunya, bagi  warga yang ingin mengurus KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lainnya bisa dilakukan melalui email,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat yang telah berhasil menggunakan pelayanan berbasis online, Ni Nyoman Arianti mengatakan, sangat puas dengan pelayanan Disdukcapil Karangasem. “Saya mengurus Kartu Keluarga (KK) belum sampai 15 menit, sudah selesai,” ungkapnya. (ger/bfn)