Denda 1 Miliar, Guru Cabul Divonis 8 Tahun Penjara

denda-1-miliar-guru-cabul-divonis-8-tahun-penjara
Terdakwa I Made SA saat masih dalam penanganan di Polres Karangasem Guru Cabul Divonis 8 Tahun Penjara.

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Pengadilan Negeri (PN) Amlapura, melalui majelis hakim yang diketuai Ronny Widodo SH.MH, menjatuhkan vonis 8 tahun penjara terhadap terdakwa I Made SA (45), dalam sidang putusan perkara pencabulan dengan korban seorang siswi salah satu SD di Karangasem, Kamis (21/12).

Selain menghukum I Made SA 8 tahun penjara, majelis hakim juga menjatuhkan pidana denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. “Terdakwa terbukti bersalah melakukan perbuatan pidana seperti diatur dalam

Pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) Jo. Pasal 76 E Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002,” tegas Ketua Majelis Hakim saat membacakan amar putusan tersebut.

Vonis majelis hakim sepadan dengan tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Yosi Novita Anggraini dari Kejaksaan Negeri Karangasem. Dalam persidangan sebelumnya JPU Yosi menuntut terdakwa dengan hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Terungkap dalam dakwaan JPU, bahwa, perbuatan cabul yang dilakukan I Made SA terhadap seorang muridnya yang masih duduk dibangku kelas VI SD terjadi Rabu (14/5/2023) sekitar pukul 20.00 Wita. Selain memeluk dan mencium koban, SA yang berstatus sebagai wali kelas, juga memegang pinggang anak saya.

“Terdakwa mencabuli korban di rumah kakeknya. Hasil visum RSUD Karangasem menyebutkan kemaluan korban robek akibat kena benda tumpul yang dilakukan oleh terdakwa,” terang JPU dalam surat dakwaan yang dibacakan di hadapan majelis hakim pada persidangan sebelumnya, (tio/bfn)

 

Exit mobile version