Dewan Tuding Dishub Karangasem Tak Serius Tangani LPJU Rusak

dewan-tuding-dishub-karangasem-tak-serius-tangani-lpju-rusak
Lama sudah rusak LPJU di Jalan Baledan, desa Duda Kecamatan Selat. Kabupaten Karangasem, belum tersentuh perbaikan.

KARANGASEM, Balifactialnews.com – Belasan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Karangasem  rusak.  Kerusakan terjadi di beberapa titik tersebar di wilayah Kabupaten  Karangasem, salah satunya di kawasan pertigaan Duda, Kecamatan Selat.

Sayang kerusakan  tersebut sampai saat ini belum mendapat penanganan dari Dinas Perhubungan selaku OPD yang memiliki kewenangan menangani persoalan itu.

Lambannya penanganan LPJU yang rusak, menuai tudingan, bahwa  Dinas Perhubungan tidak serius dalam menangani kerusakan fasilitas umum tersebut. Tudingan tersebut disampaikan langsung Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika.

Menurutnya,  keberadaan LPJU sangat penting. Selain untuk keamanan,  juga membuat jalan desa tidak menjadi gelap.  “Dinas Perhubungan  tidak serius menangani LPJU yang sudah rusak. Banyak lampu sudah padam dan tiang lampu bengkok, namun sampai saat ini belum ada perbaikan. Padahal kerusakan ini sudah lama dilaporkan oleh warga,” kata Suastika, beberapa waktu laku.

Informasi yang dihimpun, kerusakan  terjadi pada LPJU konvensional yang masih menggunakan bola lampu pijar. LPJU model ini proses perbaikanya  sedikit terganjal karena sulitnya memperoleh suku cadang untuk bola LPJU jenis tersebut di pasaran.

PLT Kadishub Karangasem, I Komang Agus Sukasena,  dikonfirmasi wartawan, Sabtu (16/9/2023) tak menampik hal itu. “LPJU Konvensional sulit sekali untuk mendapatkan suku cadangnya, bahkan khusus untuk bola lampunya sudah tidak ada yang menjual di pasaran,”kata Komang Agus Sukasena.

Menyikapi kondisi tersebut, pihaknya berencana secara bertahap akan melakukan peralihan dari LPJU konvensional (menggunakan bola lampu pijar) menjadi model LED.  “Selain karena suku cadangnya cukup mudah didapatkan, lampu jenis LED cahayanya juga lebih terang, ramah lingkungan dan hemat energi,” terangnya.

Sekadar diketahui, saat ini jumlah lampu LPJU konvensional di Karangasem sebanyak 3.087. Jumlah tersebut hampir 75 persen dari total keseluruhan LPJU di Karangasem, hingga akhir tahun 2022 sebanyak 4.353 titik,  termasuk 325 titik diantaranya adalah LPJU bertenaga surya. (dev/tio/bfn)

Exit mobile version