Doakan Jagat Karangasem, Bupati Gede Dana dan Jajaran Laksanakan Upacara Ngrastiti Jagat dan Ngaturang Guru Piduka

jelang-akhir-tahun-pemkab-karangasem-laksanakan-upacara-ngrastiti-jagat-dan-ngaturang-guru-piduka
Bupati Gede Dana didampingi Sekda Karangasem .I Ketut Sedana Merta dalam persembahyangan

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Menjelang akhir Tahun 2022, Bupati Karangasem bersama Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, jajaran OPD di lingkungan Pemkab Karangasem, melaksanakan upacara ritual Ngrastiti Bakti, dan Ngaturang Guru Piduka, menghaturkan bakti dan memohon doa keselamatan kepada sang pencipta Ida Sang Hyang Widhi Wasa, agar Kabupaten Karangasem senantiasa diberikan keselamatan, kerahayuan serta diberikan kemudadan dalam menghadapi berbagai cobaan skala dan niskala di Tahun 2023 mendatang.

Kegiatan upacara ritual Ngrastitiang Bakti dan Ngaturang Guru Piduka ini dilaksanakan di Penataran Pura Lempuyang, Kecamatan Abang, dan di Piura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (21/12/2022). Upacara ritual ini selain memohon keselamatan juga merupakan ritual untuk menyeimbangkan Buana Agung dan Buana alit.

Usai melaksanakan persembahyangan, Bupati Karangasem, I Gede Dana menyampaikan, kegiatan persembahyangan tersebut dilaksanakan untuk memohon keselamatan serta keseimbangan alam semesta, mengingat sebelumnya Kabupaten Karangasem terkena musibah bencana alam gempa bumi yang terjadi secara beruntun, hingga mengakibatkan beberapa rumah warga yang roboh, dan juga aktivitas perawatan kesehatan di rumah sakit menjadi kurang kondusif.

“Menyikapi berbagai kejadian bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini, Pemerintah Kabupaten Karangasem mengadakan persembahyangan untuk memohon keselamatan dan perlindungan secara skala dan niskala kepada Sang Pencipta Alam Semesta,” ucap Gede Dana.

Lanjut Bupati menyampaikan, persembahyangan yang dilaksanakan ini juga untuk memohon kesiapan pemerintah dalam menghadapi tantangan di tahun 2023 yang akan datang, dimana ancaman resesi ekonomi juga menjadi atensi pemerintah di Kabupaten Karangasem.

“Tentunya tantangan pasti akan lebih berat, mudah mudahan di tahun 2023 yang akan datang perjalanan kepemerintahan Kabupaten Karangasem bisa dilancarkan dan juga bisa Gemah Ripah Loh Jinawi,” ucapnya. (ger/bfn)

Exit mobile version