Gede Dana Instruksikan Kesiagaan Penuh Antisipasi Bencana Alam

gede-dana-instruksikan-kesiagaan-penuh-antisipasi-bencana-alam
Bupati Karangasem I Gede Dana memimpin apel disiplin dengan pegawai Dinas PUPR, Senin (10/6)
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Bupati Karangasem I Gede Dana menginstruksikan petugas penanggulangan bencana dari BPBD Karangasem dan Dinas PUPR Kabupaten Karangasem untuk terus bersiaga penuh dan bergerak cepat dalam mengantisipasi bencana alam. Hal ini disampaikan mengingat bencana alam masih terus melanda Kabupaten Karangasem sejak Jumat (7/6) hingga Minggu (9/6/2024), meskipun intensitas hujan telah menurun.

Memastikan laporan yang masuk dan tindak lanjut yang telah dilakukan oleh dua OPD tersebut, Bupati I Gede Dana secara khusus mendatangi Kantor BPBD Kabupaten Karangasem dan Dinas PUPR, serta memimpin Apel Disiplin pada Senin (10/6).

Dalam apel tersebut, Bupati Dana menegaskan pentingnya merespons setiap laporan dari masyarakat dengan cepat. Bupati juga memberikan semangat dan apresiasi kepada petugas yang berjibaku menangani bencana akibat intensitas hujan deras beberapa waktu lalu dan yang masih bersiaga hingga saat ini.

“Saya berharap petugas dapat menjaga kesehatan agar dapat bertugas dengan baik,” harap Bupati Dana.
Pada kesempatan itu, Bupati Gede Dana juga berterima kasih kepada semua petugas dan masyarakat yang telah bekerja keras dalam kondisi yang penuh tantangan ini. Pemerintah, kata Bupati Dana akan terus berupaya maksimal agar dampak bencana dapat diminimalisir dan pemulihan dapat berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Karangasem, Wedasmara, menyampaikan, bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD Karangasem dan instansi terkait lainnya untuk memastikan penanganan bencana dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.

“Petugas kami bersama-sama dengan masyarakat telah berupaya menyingkirkan material tanah longsor di Banjar Dinas Batu Gede, Desa Duda Timur, dan membersihkan pohon tumbang di Banjar Dinas Seraya, Desa Antiga. Kami menyadari bahwa upaya ini masih memerlukan penanganan lanjutan, terutama di wilayah-wilayah yang tanahnya labil dan rawan longsor,” ujarnya.

Sementara itu, dari BPBD Karangasem, Bupati Dana mendapatkan laporan bahwa hingga saat ini BPBD Karangasem telah menerima laporan sebanyak 49 titik bencana akibat hujan deras. Beruntung, bencana-bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Meski demikian, kerusakan yang ditimbulkan cukup signifikan dengan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (tio/bfn)