Jelang Pilkada Karangasem, Arus Bawah Mulai Suarakan Nama Pandu Lagosa

jelang-pilkada-karangasem-arus-bawah-mulai-suarakan-nama-pandu-lagosa
I Wayan Pandu Prapanca Lagosa
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Ada fenomena menarik di Karangasem  menjelang digulirkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November tahun 2024 ini. 

Di tengah kuasa Gede Dana sebagai Bupati Karangasem dan digadang-gadang untuk maju dalam Pilkada nanti oleh induk partainya, para tokoh dan pesohor di gumi lahar malah beramai-ramai menyatakan kesiapannya untuk tampil dalam suksesi kepemimpinan itu.

Kabar teranyar kalangan arus bawah di Karangasem, kini mulai ramai menyuarakan nama I Wayan Pandu Prapanca Lagosa SH.MH  untuk maju dalam Pilkada nanti. Nama politisi PDI Perjuangan yang pernah dua periode duduk di kursi DPRD  Karangasem  ini dilirik, karena dinilai sangat visioner dan memiliki arah yang jelas dalam membangun Karangasem agar bisa lebih METAKSU. 

Suara dukungan arus bahwa itu bukan sekadar dikeluarkan dari relawan GP-1 (Guru Pandu) yang ada di semua desa di Karangasem. Nama Pandu, demikian pria vokal dan mantan Ketua PAC PDI Kecamatan Abang 2001-2006 ini disapa, juga dikumandangkan  untuk maju tarung Pilkada Karangasem oleh kader sekaligus Ketua PAC Partai Demokrat  Kecamatan Selat, I Gede Kusuma Dana SE. 

Sebagai tokoh muda, Pandu Prapanca Lagosa yang kini masih fokus menjalani karir di bidang advokat, dinilai layak ditandemkan dengan beberapa tokoh muda Karangasem seperti I Wayan Suastika (Ketua DPRD  Karangasem sekarang) , I Wayan Supartha, I Komang Wirawan dan I Gusti Putu Parwata, serta I Nengah Sumardi. 

Kedekatan  dengan Nyoman Giri Prasta (Bupati Badung sekarang), membuat nama Pandu Lagosa semakin dilirik. Pasalnya Giri Prasta yang menjadi kawan dekat sekaligus menjadi saudara di pasemetonan Maha Gotra Sanak Sapta Rsi terkenal sebagai bupati bares di Bali. 

“Dia familiar, visioner dan sangat gentle. Kendati beda partai saya  sangat  mendukung dia bisa maju dalam Pilkada Karangasem nanti,” kata Kusuma Dana, Selasa (2/4/2024). 

Semakin menguatkan dukungan tersebut, tak membuat Pandu Lagosa jumawa. Siap untuk maju sudah pasti, namun dia tetap  mengalir dan masih mencermati konstelasi politik dalam beberapa bulan kedepan. 

“Selain relawan, beberapa teman Partai Demokrat juga meminta saya untuk maju dalam Pilkada Karangasem. Dukungan ini tentu menjadi amanah buat saya. Semoga harapan teman-teman ini bisa terkabulkan,” pungkas mantan Ketua Komisi 1 DPRD Karangasem itu. (tio/bfn)