Kerugian Ratusan Juta, Palinggih Piyasan dan Bale Penyimpanan Warga Tulamben Hangus Terbakar

kerugian-ratusan-juta-palinggih-piyasan-dan-bale-penyimpanan-warga-tulamben-hangus-terbakar
Sebuah Palinggih Piyasan dan bale penyimpanan milik I Komang Suci yang ada di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem hangus terbakar pada Rabu (20/12/2023).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Warga Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem Ni Komang Suci(55) menderita kerugian ratusan juta kaerena Palinggih Piyasan dan juga bale penyimpanan peralatan persembahyangan miliknya hangus terbakar pada Rabu (20/12/2023) siang.

Kebakaran terjadi diduga karena pemiliknya lupa mematikan dupa setelah selesai sembahyang, dan dupa jatuh dan mengenai beberapa peralatan sembahyang yang mudah terbakar.

Kepada awak media Kasi Humas Polres Karangasem, Iptu I Gede Sukadana membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran tersebut. Dikatakannya kebakaran terjadi bermula pemilik Ni Komang Suci melakukan persembahyangan seperti biasa. Korban juga melakukan persembahyangan di pelangkiran bale penyimpanan. Setelah itu, korban pergi ke restoran hotel miliknya dan beberapa jam kemudian terjadi kebakaran tersebut.

Sukadana menambahkan, kebakaran pertama kali diketahui salah satu karyawannya yang melihat ada kepulan asap dari Palinggih Piyasan dan juga bale penyimpanan yang ada di Pura merajan milik korban.

Setelah dipastikan, ternyata api sudah cukup besar, saksi pun panik dan berteriak minta tolong. Sontak teriakannya itu mengejutkan warga dan karyawan lainnya, yang langsung datang ke lokasi kebakaran dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Amukan si jago merah berhasil dipadamkan . Namun sebagian besar bangunan pelinggih sudah hangus terbakar begitu juga dengan beberapa barang yang di simpan di bale penyimpanan seperti dulang, payung, Wastra, lamak dan uang kepeng milik korban. Kerugian dari kebakaran itu diperkirakan mencapai Rp. 125 juta. (ger/bfn)