Mudik Lebaran, Pelabuhan Padangbai Siapkan 24 Kapal 

mudik-lebaran-pelabuhan-padangbai-siapkan-24-kapal
Suasana Pelabuhan Padangbai menjelang arus mudik lebaran
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Arus mudik dari Pelabuhan Padangbai, Bali menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) diprediksi akan mengalami peningkatan. Bahkan kenaikannya bisa mencapai 15 % dari lebaran tahun lalu.

Mengantisipasi membludaknya arus mudik lebaran itu, pihak pelabuhan  dan instansi terkait sudah melakukan beberapa persiapan. ASDP Padangbai misalnya, menjaga arus  mudik lebaran agar tetap kondusif pihaknya telah menyiagakan 24  kapal ferry untuk mengangkut pemudik ke Pelabuhan Lembar.  

“Kapal yang kami siapkan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, jika situasinya normal trip tetap sama yaitu 13 trip per hari. Kalau nanti ada lonjakan kami tambah lagi tripnya menjadi 18 trip. Tetapi  kalau arus mudik sampai membludak,  semua kapal akan kami berangkatkan menjadi 24 trip,” kata Manajer ASDP Padangbai, Agusman, Minggu (31/3)

Peningkatan jumlah trip  dilakukan, lanjut Agusman, untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan maupun orang di Pelabuhan. “Semua kapal yang kami siapkan sangat layak untuk berlayar dan dua dermaga Pelabuhan Padangbai juga sangat siap untuk dioperasikan,” katanya. 

Bukan itu saja, untuk menjaga kenyamanan para pemudik, pihak ASDP Padangbai juga membangun tenda di sekitar pelabuhan. Ini dilakukan agar para pemudik yang sedang antri tidak kepanasan saat siang hari. “Selain itu juga akan ada beberapa pos dari instansi terkait,” kata Agusman.

Pihaknya berharap, mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada kendala apapun. Meningkatnya  arus mudik lebaran dari Padangbai ke Pelabuhan Lembar pada lebaran tahun ini, kata Agusman, , tak terlepas semakin menggeliatnya perekonomian di Bali saat ini. 

“Dengan meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini, keinginan untuk mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarganya jadi lebih tinggi dari lebaran tahun lalu,” pungkasnya. (ger/bfn)