Mulai Mei, Sampah Tidak Terpilah Tidak Diangkut Armada

mulai-mei-sampah-tidak-terpilah-tidak-diangkut-armada
Kondisi TPA Temesi yang sedang dalam penanganan
banner 120x600

GIANYAR, Balifactualnews.com – Mendidik masyarakat untuk memilah sampah mesti dengan sedikit paksaan. Hal ini untuk mengurangi beban pengolahan sampah di TPA. Persoalan sampah yang tidak kunjung selesai, DLH Gianyar mulai tegas terhadap produsen sampah. DLH Gianyar mulai mensosialiasikan larangan membuang sampah tanpa terpilah ke TPA Temesi. Larangan ini mulai efektif dilakukan bulan Mei.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupatan Gianyar, Ni Made Mirnawati, Rabu (6/3), menyebut pihaknya saat ini tengah melakukan sosialisasi pelarangan membuang sampah tanpa terpilah ke TPA Temesi. Dimana nantinya pembuangan sampah tersebut akan di jadwalkan. “Sampah baik organik dan organik harus di pisah, karena jadwal pembuangannya juga terpisah,” ujarnya.

Sosialisasi ini diberikan kepada seluruh perbekel se kabupaten Gianyar, agar kebijakan tersebut di teruskan ke masyarakat. Penjadwalannya, antara lain sampah organik, yakni sisa makanan, sampah dedaunan, ranting dan lainnya dijadwalkan hari Senin, Rabu, Jumat.

Anorganik berupa botol plastik, plastik sekali pakai, kardus, kertas hari Selasa dan Sabtu, sementara residu berupa pampers pembalut, puntung rokok hari Kamis dan Minggu. “Penjadwalan ini telah diatur, truk sampah yang membawa sampah yang tidak terpisah akan dilarang membuang sampah ke TPA Temesi,” jelasnya. Mirna menjelaskan kebijakan ini telah diatur dalam perbup per tanggal 29 desember 2023.
“Untuk pembiasaan dan sosialisasi kita laksanakan sampai April. Untuk Mei kita tegakkan secara utuh. Kami harap perbekel segera mensosialisasikan kebijakan ini agar nanti tidak muncul masalah lain ketika di implementasikan,” tegasnya.

Dikatakan Mirna, tidak mungkin bagi pemerintah menunggu untuk pengadaan truk khusus untuk mengangkut sampah organik atau anorganik. “Butuh waktu lama dan anggaran besar jika menunggu ketersedian armada.Yang paling memungkinkan adalah jadwalnya kita ubah atur,” jelasnya. (gsp/bfn)