Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Melalui Parpol Dipastikan Mengacu Hasil Pemilu Terbaru

pencalonan-bupati-dan-wakil-bupati-karangasem-melalui-parpol-dipastikan-mengacu-hasil-pemilu-terbaru
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Karangasem, I Kadek Sukara
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem memastikan bahwa pengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur Parpol pada Pilkada Karangasem mengacu hasil dari Pemilu 14 Februari 2024.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Karangasem, I Kadek Sukara mengungkapkan, sesuai dengan ketentuan untuk pengusungan Calon Kepala Daerah melalui Parpol pada Pilkada Karangasem November 2024 mendatang mengacu hasil pemilu terbaru.

Baca Juga : Pemilu 2024, Partisipasi Masyarakat Karangasem Lampaui Target

“Jadi Pemilu yang terbaru itu kan 14 Februari 2024 lalu, itu yang dipakai bukan perolehan kursi yang sebelumnya. Untuk pelantikan DPRD akan dilaksanakan sekitaran bulan Agustus mendatang. Malam ini kita masih menunggu informasi, jika tidak ada indikasi terregistrasi gugatan di MK maka besok kita sudah bisa lakukan pembahasan persiapan penetapan, ” kata Sukara, Sabtu (23/3/2024).

Dengan demikian, jika melihat komposisi hasil Pemilu 14 Februari 2024 lalu, kemungkinan hanya ada 2 Partai Politik di Karangasem yaitu PDIP dengan perolehan 15 kursi dan Gerindra 9 kursi DPRD Kabupaten yang bisa mengusung calon sendiri tanpa harus menjalin koalisi dengan partai lain.

Baca Juga : Pj. Gubernur Mahendra Jaya Ikuti Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih

Menurut Sukara, sesuai dengan aturan yang ada, Partai Politik bisa mencalonkan sendiri minimal harus memperoleh 20 persen kursi dewan, jika dihitung dari 45 jumlah kursi DPRD Karangasem saat ini, maka Parpol harus meraih minimal 9 Kursi untuk bisa mencalonkan sendiri calon Bupati dan Wakil Bupatinya pada Pilkada Karangasem 2024 mendatang. (tio/bfn)