Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Debat Terbuka Antar PASLON

rapat-koordinasi-persiapan-pelaksanaan-debat-terbuka-antar-paslon
Memasuki tahapan kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Debat Publik atau Debat Terbuka Antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2024 di Berutz Bar&Resto, pada Minggu (20/10/2024).
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Memasuki tahapan kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Debat Publik atau Debat Terbuka Antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2024 di Berutz Bar&Resto, pada Minggu (20/10/2024).

Acara dihadiri oleh undangan dari Kaolres Buleleng yang di wakili oleh Kasubag Bin Ops Iptu Gede Mariasa, Kasdim 1609 Buleleng Gede Nariada, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Komang Kappa Tri Aryandono, Anggota Bawaslu kabupaten Buleleng Kordiv Penanganan Pelanggran, Data dan Informasi Ketut Adi Setiawan, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah yang diwakili oleh Ka.bid Pencegahan dan Kesiapsiagaan I Gusti Rony Ariana, Kepala Dinas Perhubungan yang diwakili Ka.bid Lalu Lintas Cok Aditya, Tim Stasiun TVRI Denpasar, Kepala RRI Singaraja yang di wakili oleh Made Sri wartini, Tim EO Tjiwa Creative, Manager Hotel Banyualit Serta L.O pasangan calon Dr. I Nyoman Sugawa Korry, SE., MM., Ak., CA – Dr. Gede Suardana S.Pd, M.Si dan L.O pasangan calon dr. I Nyoman Sutjidra Sp.OG – Gede Supriatna S.H.

Dalam Sambutannya Ketua KPU Kabupaten Buleleng Komang Dudhi Udiyana menyampaikan acara Debat publik/Debat Terbuka ini merupakan bagian dari kegiatan tahapan kampanye dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2024, diskusi persiapan pelaksanaan debat sudah dilaksanakan dengan pihak yang mungkin nantinya terlibat langsung dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka ini.

Hari ini kembali dilaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan debat dengan melibatkan pihak yang berperan dalam kelancaran pelaksanaan Debat sehingga dapat memahami betul bagaimana alur prosedur dan tahapan dari kegiatan debat ini.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Putu Arya Suarnata memaparkan gambaran umum pelaksanaan debat pertama. Arya menyampaikan bahwa acara Debat akan dilaksanakan sebanyak 3 kali. “Jadwal untuk Debat pertama pada Hari Rabu, 23 Oktober 2024, Debat kedua pada Hari Selasa, 12 Nopember 2024 dilanjutkan dengan Debat Ketiga pada Hari Rabu, 20 nopember 2024. Persiapan pelaksanaan debat akan disusun menjadi 6 segmen yaitu Segmen 1 (Pembukaan dan Penyampaian Visi Misi dan Program Paslon), Segmen 2 (Penajaman Visi Misi Calon Bupati), segmen 3 (Penajaman Visi Misi Calon Wakil Bupati, Segmen 4 (Tanya Jawab dan Sanggahan Antar Paslon), Segmen 5 (Tanya Jawab dan sanggahan Antar Paslon), Segmen 6 (Penutup),” paparnya.

Arya juga menyampaikan bahwa mengenai ketentuan Debat (Tata Tertib Debat) dimana dijelaskan bahwa para pendukung yang ikut serta didalam ruangan debat tidak diperkenankan untuk membawa bahan kampanye dan alat peraga kampanye kecuali atribut yang menempel di badan. “Untuk kelancaran acara tata tertib debat agar menjadi perhatian kepada kedua pasangan calon dan para pendukungnya,” imbuhnya.

Dengan dukungan semua pihak yang terlibat di pelaksanaan Debat Publik atau Debat Terbuka Antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Buapti Buleleng Tahun 2024, besar harapan pelaksanaannya berjalan dengan Lancar, aman dan sukses. (tya/bfn)