Ratusan Knalpot Brong Diamankan Polres Karangasem, Begini Hukumannya Bagi Pelanggar

ratusan-knalpot-brong-diamankan-polres-karangasem-begini-hukumannya-bagi-pelanggar
Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, didampingi Kasat Lantas Polres Karangasem AKP. I Komang Sapta Pramana, saat press rilis, Senin(26/2) di Lobby Polres Karangasem.

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Ratusan barang bukti berupa knalpot brong dari berbagai jenis kendaraan dari roda dua hingga roda enam yang  berhasil diamankan jajaran Satlantas Polres Karangasem, merupakan tindakan tepat karena selama ini raungan dari suara kendaraan yang menggunakan knalpot brong tidak sesuai standar itu talah membuat kebisingan dan mengganggu pengendara lain dijalan.

Baca Juga : Antisipasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Kuota 250.000 LPG 3 Kg untuk Provinsi Bali

Bahkan atas penyitaan barang bukti kanlpot brong tersebut, penggunanya didominasi kaum pelajar dan truk pengangkut material galian c. Hal itupun menjadi perhatian serius Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, didampingi Kasat Lantas Polr3es Karangasem AKP. I Komang Sapta Pramana, saat press rilis, Senin(26/2) di Lobby Polres Karangasem

Kata kapolres, sebanyak 277 knalpot brong tersebut, berasal dari kalangan pelajar, juga ditemukan dari kendaraan truk pengangkut material galian C seperti diwilayah Sidemen dan Selat.

Baca Juga : Bupati Gede Dana Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar di Karangasem

“Kami mendapat Keluhan dari masyarakat saat melaksanakan progran tedun bajar. Jadi warga menilai suara knalpot brong tersebut cukup meresahkan, suaranya bisingnya memekakkan telinga dan juga menganggu pengendara lainnya,” ungkap Kapolres Sadiarta, seraya menambahkan, pengendara  yang memakai knalpot brong melanggar UU no 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, dapat dijerat pasal 258 dengan pidana 1 bulan kurungan atau denda Rp. 250 ribu.

Dari sebanyak 277 knalpot brong yang disita, berasal dari 84 buah knalpot Roda 2, 56 buah dan 28 buah. Kemudian dari Polsek Selat Roda 2 disita 1 buah, kendaraan roda 6 sebanyak 86 buah. Sementara Polsek Rendang disita sebanyak 24 buah, Polsek Sidemen dari Roda 6 disita sebanyak 60 buah, Polsek Manggis dari kendaraan Roda 6 disita sebanyak 5 buah dan Polsek Kubu ada knalpot brong yang disita sebanyak 13 buah.

Baca Juga : Kapolres Klungkung Pimpin Pengawalan Logistik Pemilu 2024 dari Kecamatan Nusa Penida Menuju Klungkung Daratan

“Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan, baik pengendara roda dua, truk dan yang lainnya agar mematuhi  aturan berkendara agar sesuai standar yang telah ditentukan. Kami juga akan melaksanakan sosialisasi kepada pelajar melalui program Police Goes to School, tentang berlalulintas kepada pelajar baik ditingkat SMP maupun SMA di Kabupaten Karangasem,” pungkas Kapolres Sadiarta. (ger/bfn)

 

 

Exit mobile version