Temui Sekda, KPU Karangasem Mulai Kampanyekan Netralitas ASN

temui-sekda-kpu-karangasem-mulai-kampanyekan-netralitas-asn
Anggota KPU Karangasem, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Putu Deasy Natalia saat melakukan audiensi dengan Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Pemilu serentak 2024 masih jauh, kendati demikian beberapa tahapan sudah mulai dilaksanakan, termasuk diantarannya “kampanye” (sosialisasi) agar Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjaga netralitas.

Di Karangasem   sosialisasi agar ASN besikap netral dalam pemilu nanti diawali dengan  menemui Sekda I Ketut Sedana Merta.   Anggota KPU Karangasem, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Putu Deasy Natalia, berharap  audiensi yang dilakukan bersama petinggi ASN di Gumi Lahar, pada Kamis (11/8/2022), itu mampu menjaga marwah ASN untuk selalu bersikap independen dalam ajang politik baik di tingkat daerah  maupun nasional.

“Kami berharap  dalam pertemuan itu, Pak Sekda mampu mengarahkan  pegawai ASN  di Karangasem untuk bersikap netral dalam Pemilu nanti,” ucap Putu Deasy, Selasa (16/8/2022).

Selain mensosilisasikan netralitas ASN, dalam pertemuan itu, Deasy  juga memaparkan, bahwa tahapan  Pemilu yang sedang berjalan, yakni pendaftaran Parpol Calon peserta Pemilu Tahun 2024.

“Kami juga  sudah meluncurkan website https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.  Situs ini  bertujuan untuk mengecek keanggotaan partai politik apakah seseorang terdaftar sebagai anggota Parpol atau tidak.  Kami berharap masyarakat khususnya ASN ikut berpartisipasi aktif melakukan pengecekan, karena  kalau sampai ada yang terdaftar sebagai anggota Parpol tentu bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan,” ungkap  komisioner  KPU Karangasem dua periode itu.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada ASN yang terdaftar sebagai anggota partai politik,  lanjut Deasy,  ASN bersangkutan dapat mengajukan tanggapan melalui situs https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan atau bisa juga datang langsung ke Kantor KPU Karangasem. “Kalau ternyata ada yang terdaftar, silahkan segera ditindaklanjuti dan dilakukan klarifikasi,” imbuh Deasy didamping Kasubag Teknis I Nyoman Orta Susila bersama staf

Memastikan misinya itu berjalan, Deasy  juga mengajak Sekda Ketut Sedana Merta untuk bekerjasama dalam mensosialisasikan website  milik KPU itu   kepada semua jajarannya.   “Mohon kerjasamanya, kami berharap Pak Sekda bisa menyampaikan hal ini pada semua jajaran  di bawah,” pintanya.

Dipihak lain,  Sekda I Ketut Sedana Merta  dan sejumlah pejabat yang mendampingi sangat mengapresiasi  kedatangan KPU tersebut.   Dihadapan Deasy dan pejabat secretariat KPU dan Staf, Sedana Merta, menegaskan,  bahwa pemerintah daerah akan mendukung penuh seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024,  mulai dari netralitas ASN,  termasuk turut mensosialisasikan website milik KPU. (tio/bfn)