Viral di Medsos, Disbud Buleleng Gelar Sosialisasi Pakem Joged Bumbung Yang Benar

viral-di-medsos-disbud-buleleng-gelar-sosialisasi-pakem-joged-bumbung-yang-benar
Kadis Kebudayaan Nyoman Wisandika
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng menggelar acara pembinaan bagi para klian adat se-kabupaten terkait tari Joged Bumbung. Acara dengan tema “Menjaga Warisan Adiluhung Tari Joged Bumbung Dengan Pakem yang Benar” bertempat di Gedung Sasana Budaya, pada Rabu, (12/6/2024).

Acara ini dibuka oleh Kadis Kebudayaan Nyoman Wisandika, serta menghadirkan dua narasumber yaitu dari seniman Buleleng Wayan Sujana dan dari Sasana kepemangkuan Jro Mangku Ketut Wijana.

Kadis Kebudayaan Wisandika dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk menyatukan persepsi terkait aturan-aturan yang berlaku dalam tari joged bumbung, agar terhindar dari kesan senonoh. “Terkait viralnya joged bumbung di media sosial, kami mengundang para klian adat untuk menyatukan persepsi terkait aturan-aturan yang benar dan jauh dari kesan senonoh,” jelas Wisandika.

Lebih lanjut, Wisandika berharap dengan adanya kerjasama dengan para klian adat, edukasi mengenai tari joged bumbung yang benar dapat diberikan kepada masyarakat. “Ke depan, jika menampilkan joged bumbung, klian desa adat dapat berkoordinasi kepada pihak panitia dan sekehe joged untuk selalu mengikuti pakem-pakem yang telah ditentukan,” harap Wisandika.

Wisandika menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengundang sanggar-sanggar tari yang ada di Buleleng untuk menyamakan persepsi terkait aturan-aturan yang berlaku, sehingga kejadian seperti viralnya joged bumbung di media sosial tidak terjadi kembali.

Dengan adanya acara pembinaan ini, diharapkan para klian adat dan sanggar tari di Buleleng dapat memahami dengan baik aturan-aturan yang benar dalam tari joged bumbung. Sehingga, tari joged bumbung dapat dilestarikan dan ditampilkan dengan cara yang sopan dan sesuai dengan adat istiadat masyarakat Bali. (tya/bfn)