10 Pelinggih Pura Dadia Tangkas Kori Agung Pura Gae Terbakar, Kerugian Sekitar Rp 550 Juta

banner 120x600


 

KARANGASEM, Balifactualnews.com — Kebakaran hebat menimpa Pura Dadia Tangkas Kori Agung Pura Gae, Dusun Keladian Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem, Minggu (26/1/20).

Informasi yang dihimpun, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.30 wita itu, menghanguskan 10 bangunan pelinggih pura. Kerugian ditaksir mencapai sekitar setengah miliar rupiah (Rp 550 juta).

Kelian Dadia, I Wayan Putra, mengatakan, pura dadia dengan pengempon 40 KK itu, sebagian besar baru selesai di servis, dan segera akan dilakukan upacara pemelaspasan. Kebakaran di duga akibat api dupa yang tidak dipadamkan pemedek usai sembahyang.

“Sejak jam 4 pagi tadi, api tiba-tiba dilihat warga api sudah besar membakar pelinggih pura,” ucap Putra.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Tari, mengatakan, kebakaran Pura Tangkas Kori Agung Pura Gae diketahui setelah pihaknya mendapatkan laporan dari salah seorang warga bernama Ida Bagus Arimbawa. Laporan tersebut lantas diteruskan ke Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Selat.

Menerima laporan tersebut, petugas pemadam kebakaran pos Selat langsung menuju lokasi kejadian dengan menerjunkan dua armada mobil pemadam. Sampai dilokasi, personil pemadam kebakaran yang berjumlah 11 orang itu mendapati bangunan pelinggih sudah hangus dan beberapa diantaranya sudah roboh kepelataran pura akibat terbakar api.

Tidak menginginkan api merembet dan membakar bangunan pelinggih yang lain, petugas langsung melakukan tindakan pemadaman. Hal hasil satu jam setelah sampai disana, api baru bisa dipadamkan dan 10 bangunan pelinggih yang terbakar hanya menyisakan puing.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kebakaran diduga akibat api dupa,” ucap Tari. (ger/tio/mit)