57 siswa TATC Latihan Bela Negara

banner 120x600

________________________________________________________________________________

KARANGASEM — Sebanyak 57 siswa Tri Avitation Training Center (TATC) mengikuti latihan bela negara di Lanud I Gusti Ngurah Rai TNI AU, di lapangan Apel Mako Lanud I Gusti Ngurah Rai Kamis (3/5/2019).

Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang seutuhnya.

Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi, S.Sosn, dalam sambutannya diwakili Kepala Seksi Pembinaan Jasmani Mayor Kes Adi Kusman saat membuka kegiatan Latihan Bela Negara Siswa TATC mengatakan, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara.

“Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,” ujarnya.



Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara, ungkap Danlanud.
Danlanud berharap dengan kegiatan Bela Negara ini para siswa TATC nantinya dapat memahami arti dan tujuan dari bela Negara ini, sehingga nantinya dapat di implementasikan di kehidupan sehari-hari para siswa.

Kepada instruktur dan pembina, serta para peserta kegiatan Latihan Bela Negara untuk mengikuti prosedur dan peraturan yang sudah ditetapkan, utamakan SAFETY dalam setiap kegiatan, pesan Danlanud.

Direktur PT Tri Tunggal Bali Agung TATC, Tri Wahyuni, mengatakan kegiatan Latihan dasar bela negara ni bertujuan untuk membekali para siswanya supaya mempunyai sikap disiplin, mental yang baik serta fisik yang kuat sebelum para siswa mendapatkan pelaksanaan tugas nantinya.

“Latihan bela negara yang dilaksanakan selama tiga hari, para siswa akan diberikan materi tentang Cinta tanah air, PBB, pengenalan lingkungan dan penguatan kemampuan sesuai bidang tugasnya,” ucapnya. (rus/tio)