Bawaslu Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu Seretak 2024

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja luncurkan “Meja Pelayanan Pemantau Pemilu Tahun 2024” di Kantor Bawaslu RI, Jumat (10/5/2022)
banner 120x600

JAKARTA—Bawaslu memberi ruang untuk partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Pelibatan unsur masyarakat tersebut ditandai dengan peluncuran “Meja Pelayanan Pemantau Pemilu Tahun 2024”  oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Melalui peluncuran “Meja Pelayanan Pemantau Pemilu Tahun 2024”, Bawaslu RI membuka pendaftaran bagi pemantau pemilu untuk terlibat dalam pengawasan Pemilu Tahun 2024 dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Peluncuran dihadiri Pimpinan Bawaslu RI bersama Jajaran kesekretariatan Bawaslu RI dan diikuti secara daring oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia. Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol LED oleh Ketua Bawaslu RI.

“Pengawasan  yang dilakukan oleh pemantau Pemilu sangat dibutuhkan untuk mewujudkan demokrasi yang bebas dari fitnah dan hoax,” ucap Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam  rilis Bawaslu Karangasem, Bali, yang diterima balifactualnews.com,  sore tadi.

Tahapan pemilu,  lanjut  Rahma Bagja, akan dimulai tanggal 14 Juni 2022 mendatang dan akan dilanjutkan dengan pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024.  Pada kesempatan itu, dia juga mengakui, bahwa tugas pemantau pemilu  sangat berat. Kendati demikian Bawaslu  siap untuk melayani sehingga memudahkan pemantau untuk mendaftar ke Bawaslu.

Menurut dia, layanan yang diberikan Bawaslu sebagai jawaban atas pengalaman pada Pemilu Tahun 2019, bahwa pada saat itu pemantau pemilu masih kebingungan teknis pendaftaran.

“Kehadiran pemantau lebih awal lebih bagus sehingga bisa mengawasi sejak dini, mulai tahap perencanaan anggaran hingga pelantikan,” pungkasnya. (ben/tio/bfn)