Bupati Artha Ajak Masyarakat Jaga Alam Bali

banner 120x600

________________________________________________________________________________

JEMBRANA—Gerakan Berencana Bali Resik Sampah Plastik dijadikan momentum Pemkab Jembrana untuk mengajak masyarakatnya menjaga alam Bali. Ajakan itu disampaikan langsung Bupati I Putu Artha saat menggelar Gerakan Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dipusatkan di pasar Ijo Gading dan di sungai Ijo Gading, Minggu (7/4/2019) pagi tadi.

Gerakan yang digelar serentak seluruh Bali ini, juga dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dan Forkopimda dan 500 orang warga terdiri dari bendesa adat, masyarakat, pelajar, pegawai BUMN, ASN, TNI/Polri dan kelompok peduli lingkungan.

Ketua Panitia Gerakan Berencana Bali Resik Sampah Plastik I Wayan Sudiarta mengatakan, gerakan ini dilaksanakan di lima lokasi. Mulai dari pantai Yeh Leh sampai dengan rest area Pengeragoan, pantai Rambut Siwi, Sungai Ijo Gading, Pasar Umum Negara, Pasar Melaya dan di museum Manusia Purba Gilimanuk.

”Gerakan ini bertujuan untuk mewujudkan partisipasi dan kepedulian seluruh elemen masyarakat terhadap lingkungan,” ujar Sudiarta.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan, kegiatan gerakan semesta berencana Bali resik sampah plastik sebagai bentuk implementasi dari peraturan Gubernur Bali nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai.

“Gerakan ini untuk menghormati warisan para leluhur mengenai cara dan memelihara, menjaga alam Bali yang bersifat khas, indah, dan metaksu yang dituangkan menjadi nilai-nilai tri hita karana,” terang Bupati.

Disamping mengharapkan bagi rumah tangga bisa memilah dan memilih sampahnya dan dikelola di masing-masing rumah tangga. ” Kalau semua sadar ,semua mampu apa yang dilaksanakan kami yakin sungai ini pasti akan bersih dan berfungsi dan bermanfaat bagi kehidupan manusia, ” tandas Bupati Artha. (dod/tio)