Utama  

Gempa Sulteng 6,9 SR, Warga Banggai Panik, Mengungsi ke Gunung

banner 120x600

IKUTI POLLING BUPATI KARANGASEM

Siapakah Pilihan Anda Untuk Bupati Karangasem Selanjutnya?

SIILAHKAN KLIK PILIHAN ANDA

View Results

Loading ... Loading ...
Foto : Makassar Info

________________________________________________________________________________

SULTENG—Peringatan BMKG terhadap gempa bumi bermagnitudo 6,9 mengguncang wilayah Banggai dan Banggai Kepulauan, Jumat (12/4/2019) pukul 18.40 WIB, membuat warga berlarian ke tempat-tempat tinggi atau perbukitan.

Warga semakin panik menyusul pihak BNPB mengeluarkan himbauan masyarakat mengungsi. Informasi yang dihimpun balifaktualnews.com, semalam menyebutkan, pasca peringatan dari BMKG itu, ratusan warga Kuwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, panik. Mereka berlarian menuju Gunung, karena khawatir tsunami akan mengancam keselamatan nyawa mereka.

“Kami sudah siap-siap ke gunung karena ada laporan air laut dipantau sudah surut,” kata Rido,” salah seorang warga Kuwuk sambil membawa barang-barangnya
BMKG menyebutkan gempa bermagnitudo 6,9 terjadi di pusat gempa 85 kilometer barat daya Banggai Kepulauan dengan kedalaman 10 kilometer.


Baca : Gempa 6,9 SR Guncang Sulawesi Tengah, Berpotensi Tsunami


Sementara Kapudatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilise nya mengatakan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta mengungsi.

“Warga sudah diminta mengungsim mudah-mudahan aman-aman saja,” terangnya.

Sutopo menjelaskan Kecamatan Toili merupakan daerah yang paling besar terkena dampak gempa. Potensi tsunami juga diprediksi terjadi di lokasi tersebut.

“Gempa terasa kuat di Banggai. Daerah yang berpotensi terkena tsunami adalah Kecamatan Toili,” ucapnya. (rls/tio)