Jelang Idul Adha, Puskeswan Karangasem Cek Fisik Hewan Kurban

jelang-idul-adha-puskeswan-karangasem-cek-fisik-hewan-kurban
Petugas Puskeswan Distan Karangasem sedang melakukan pemeriksaan fisik hewan kurban, Minggu(16/6)
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Petugas dari Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (Distan PP) Kabupaten Karangasem turun langsung melakukan pengecekan fisik hewan kurban berupa sapi dan kambing, hal itu dilakukan sehari menjelang Idul Adha, Minggu (16/6).

Kepada awak media, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (Distan PP) Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menyebar petugas kesehatan hewan di empat kecamatan, yakni untuk saat ini dilakukan pengecekan di kecamatan Karangasem dan Bebandem.

“Untuk Manggis, dan Sidemen menyusul, sementara untuk hasil pengecekan terhadap hewan kurban dinyatakan sehat ” beber Siki Ngurah.

Hewan hewan kurban seperti sapi dan kambing, setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan hewan yang sedang produktif, Siki Ngurah menegaskan pihaknya melakukan pengawasan akan hal tersebut.

Siki Ngurah menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pengawasan saat pelaksanaan hewan kurban tepatnta saat perayaan Iduk Adha, pada Senin(17/6) besok. Hala itu dilakukan pihaknya untuk memastikan apakah daging hewan kurban semua aman untuk dikonsumsi.

“Kami tentu juga akan memastikan apakah layak konsumsi atau tidak. Besok juga kami turun dan untuk hari ini hanya pemeriksaan fisik saja,” imbuhnya.

“Hewan kurban yang didata untuk 4 kecamatan yakni, wilayah Bebandem terdapat 9 ekor sapi dan 24 ekor kambing. Kecamatan Karangasem dari 10 masjid yang melakukan kurban, terdapat 19 sapi dengan kambing sebanyak 65 ekor,” kata Siki Ngurah, seraya menyebut tentunya dari jumlah tersebut akan ada penambahan karena semua data belum masuk. (ger/bfn)