Daerah  

Khasiat Jepun yang Luar biasa

Photo gamarpedia.org
banner 120x600
(Jepun/Kamboja Photo gambarpedia.org)

Jepun atau kamboja semua orang telah mengenal pohon yang bahasa latinnya Plumeria ini. Selain di tanam untuk menghiasi halaman rumah, ternyata kulit pohon ini ( babakan ) sangat berguna sebagai sarana pengobatan.

Bunga Kamboja ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Prancis yang bernama Charles Plumier, karena itulah bunga kamboja mempunyai nama Latin Plumeria. Bunga kamboja dulu hanya kita jumpai di tempat-tempat yang berbau religi seperti pemakaman dan tempat-tempat lain. Sejak kapan keberadaannya di Indonesia sampai sekarang belum diketahui tepatnya.

Seperti disebutkan dalam Lontar Usada Taru Pramana yang ditulis oleh Prabhu Narayasa yang tak lain adalah Putra Mpu Kuturan yang sebelumnya telah memperoleh Sabda dan telah kami ulas.


Baca : Babakan Juwet Obat Mujarab Penyakit Sipilis


Dalam lontar itu berbunyi : “Titiang mewasta taru jepun, wasiat titiang anget, engket titiang anget, akah dumalada, don, babakan titiang taler anget, titiang dados anggen tamba sakit bangkiang, ambil babakan titiang dagingin pamor bubuk raris anggen wedak, rulig raris anggen boreh”.

Yang artinya : Aku adalah pohon Jepun ( Kamboja ) Kasiatku hangat, getahku hangat, akarku, daunku serta kulitku juga hangat, aku bisa dipakai untuk obat sakit pinggang, ambil kulitku campur dengan bubuk kapur sirih, haluskan. Lalu lulurkan di daerah pinggang yang sakit.

Sumber : Lontar Usada Taru Pramana dan Wikipedia