Lelang Jabatan, Posisi Kadisnaker dan Budpar Jadi Rebutan

lelang-jabatan-posisi-kadisnaker-dan-budpar-jadi-rebutan
Komang Agus Sukasena
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Belasan pejabat eselon III di Lingkungan Pemkab Karangasem, mencoba mencari peruntungan untuk bisa naik jabatan menjadi Kepala Dinas (Kadis) pada empat organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengalami kekosongan jabatan sejak  beberapa bulan terakhir.

Lelang jabatan pimpinan tinggi (JPT) pada empat OPD yakni, Diskominfo, Disbudpar, Dishub dan Disnaker, yang sudah berproses sejak (21/8/2023) dan berakhir (4/9/2023) secara online. Hingga batas akhir pendaftaran tercatat sebanyak 18 pejabat eselon III yang melamar.

“Saat ini lelang jabatan tinggi pada empat OPD sudah masuk proses seleksi administrasi dan rekam jejak,”kata Kepala Kepegawaian dan Pemberdayaan SDM, Karangasem, I Komang Agus Sukasena,” Rabu (6/9/2023).

Empat pimpinan OPD yang dilelangkan itu,  kata Sukesena, jabatan Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi serta Kadis Kebudayaan dan Pariwisata yang menjadi rebutan. Pada dua OPD tersebut masing-masing terdapat lima orang pelamar. Sedangkan lelang pejabat tinggi  di Diskominfo dan Dishub  tercatat hanya empat orang pelamar.

“Sampai 4 September 2023 kemarin, sebanyak 18 orang pelamar yang sudah mengunggah dokumen lamaran mereka secara elektronik. Lima orang melamar untuk Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Lima orang melamar untuk Kadis  Kebudayaan dan Pariwisata. Sisanya, empat orang melamar Kadis Kominfo, dan empat orang melamar  Kadis Perhubungan,” terang Sukasena.

Sukasena menegaskan, pelamar  lelang jabatan pada empat OPD tersebut sudah memenuhi kuota dan sudah sesuai PermenPAN RB Nomor 15 Tahun 2019.

“Kuota pelamar pada masing-masing jabatan sudah sudah terpenuhi lebih dari tiga orang pelamar. Artinya lelang jabatan yang sedang dijalankan dapat dilanjutkan pada tahapan seleksi administrasi serta penilaian rekam jejak,”  kata Sukasena.

Pendaftaran dokumen persyaratan yang diunggah berupa syarat administratif dan akademik, lanjut Sukasena, akan diperiksa  oleh Pansel dalam tahap seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak. “Jika seleksi tahap administrasi dan rekam jejak lolos, maka pelamar bersangkutan akan melanjutkan tahapan uji kompetensi, presentasi serta tes wawancara,” pungkas Agus Sukasena. (dev/ger/bfn)