Menggelar Lomba Menulis Cerpen Bahasa Bali, Kadisdik Klungkung Apresiasi Para Guru 

banner 120x600

Kadisdik Drs Ketut Sujana saat mmenyerahkan adiah lomba menulis cerpen Bahasa Bali di SDN 1 Semarapura Tengah


KLUNGKUNG, Balifactualnews.com – Era baru Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung terus menggencarkan lomba menulis cerpen dan mesatua Bali kini terus digalakkan untuk membangkitkan ketrampilan menulis cerpen utamanya yang ber Bahasa Bali. Hal itu untuk membangkitkan penggunaan bahasa ibu, Bahasa Bali, utamanya dikalangan para pendidik disemua jenjang pendidikan  di Klungkung. Dari serangkaian lomba menulis cerpen Bahasa Bali tersebut yang digelar jajaran Guru guru sekolah Dasar menurut Plt Kepsek Semarapura Tengah I Wayan Sudiana Urip menyatakan yang ikut lomba menulis cerpen Bahasa Bali ada sekitar 28 orang peserta Guru guru yang piawai menyurat Bali.

Lebih jauh menurutnya Lomba menulis cerpen Bahasa Bali diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Klungkung (Klasik) yang diketuai oleh Anak Agung Istri Inten Sukma Pratiwi, S.Pd.SD. Komunitas yang  dibawah binaan korwil kecamatan Klungkung Ni Wayan Siwalatri.

Ketua Komunitas Anak Agung Istri Inten Sukma Pratiwi, S.Pd.SD ditemui menyatakan bahwa Peserta lomba adalah para Guru Guru SD se -Kecamatan Klungkung dengan puncak penyerahan hasil lomba yang dilaksanakan di SDN  Semarapura Tengah pada Jumat 19 Maret 2021.

”Adapun Jumlah peserta 28 peserta dan jumlah naskah cerpen yang masuk 32 naskah,” Ujar Gung Inten Optimis. Adapun yang keluar sebagai juara dengan Judul TENGET diraih oleh I Nyoman Sukiarta S,Ag ( Guru SDN 1 Semarapura Klod), Juara 2 dengan Judul Karang Sari Ngulangunin diraih I Made Oka Sugiarsana,SPd,Juara 3 dengan Judul Pengipian diraih Ni Wayan Sukatamin Giri SPd,H ( Guru SDN 1 Tojan).

Sementara itu dihubungi Sabtu 20 Maret 2021 Kadisdik Kabupaten Klungkung Drs. I Ketut Sujana, M.Pd.H,menyatakan sangat mengapresiasi lomba Menulis cerpen Bahasa Bali. Dirinya hadir pada Jumat 19 Maret 2021 sekaligus membuka acara Penyerahan Hadiah Lomba Menulis Cerpen Bahasa Bali ini.

Lomba menulis cerpen Bahasa Bali ini yang langsung diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Klungkung (Klasik) yang diketuai oleh Anak Agung Istri Inten Sukma Pratiwi, S.Pd.SD.di SD Negeri 1 Semarapura Tengah ini. Hadir Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan atau yang diwakili Kasi Pembinaan Paud Desak Suarsani, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar atau yang diwakili Kasi Kurikulum  Bu Komang Sukreni, Koordinator Wilayah Kecamatan Klungkung Ni Ketut , Pengawas Pembina SD Kabupaten Klungkung Ni Wayan Siwalatri,SPd, PLT, serta peserta lomba menulis cerpen bahasa bali se-kecamatan Klungkung.

“Besar harapan agar dengan diadakan lomba ini bisa menjadi motivasi bagi guru-guru yang lain, literasi ini bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan cerita. Kadisdik Kabupaten Klungkung juga mengucapkan terima kasih kepada peserta karena sudah mau ikut serta dalam lomba ini. Semoga kedepannya bisa lebih berkembang demi mewujudkan sekolah yang unggul,” Ujar Kadisdik Drs Ketut Sujana yang juga menjabat Bendesa Adat ini tegas.(ana/ger/bfn)