NasDem Terancam Kehilangan Kursi Pimpinan Dewan Karangasem

partai-nasdem-terancam-kehilangan-kursi-pimpinan-dewan-karangasem
Bendera Partai Nasdem
banner 120x600

KARANGASEM, Bali Factual News–Partai Nasdem sepertinya akan terancam kehilangan kursi pimpinan Dewan Karangasem untuk periode 2024-2029.  Hasil hitung sementara suara calon legislatif  (caleg) yang ikut kontestasi pada Pemilihan Legislatif tahun ini, partai besutan Surya Paloh itu baru memastikan bisa menghantarkan 5 orang kadernya untuk duduk di kursi DPRD Karangasem. 

Kelima Caleg Nasdem yang lolos dalam pertarungan pemilihan legislatif di Karangasem itu, yakni I Gusti Ngurah Gede Subagiartha (Dapil 1 Karangasem ). Agus Surya  (Dapil 2 Bebandem),  I Kadek Angga Hari Sanjaya (Dapil IV/ Selat, Rendang Sidemen), Komang Mahayana (Dapil 6 Abang), dan I Nengah Rinten (Dapil 5 Kubu). 

Partai Nasdem dipastikan tidak bisa mempertahankan kursi pimpinan Dewan Karangasem, menyusul sisa suara caleg partai Nasdem, I Made Juwita dalam perebutkan kursi ke-9 di Dapil Karangasem 1  menang tipis dari sisa suara Partai Solidaritas Indonesia. Kursi ke-9 Dapil Karangasem dipastikan akan didapatkan I Komang Sudanta. Pasalnya sisa suara parpol dan suara caleg dari PDI Perjuangan itu masih unggul jauh dengan kedua kompetitornya tersebut. 

Kendati demikian, Sekretaris DPD Partai Nasdem, Karangasem, I Made Juwita, dikonfirmasi, Senin (19/2), meyakini masih bisa mempertahankan dua kursi Dewan yang diperoleh pada Pileg 2019. 

“Saya masih optimis bisa mempertahankan dua kursi di Dapil Karangasem. Sekarang masih input satu persatu C1 secara manual,” ucap Juwita. 

Kalau benar Nasdem hanya bisa menghantarkan 5 kadernya untuk duduk di kursi DPRD Karangasem, peluang pimpinan Dewan akan direbut Partai Demokrat. Tarung Pileg 2024, Partai Demokrat berhasil menambah 4 kursi DPRD dari 2 kursi yang diraih pada Pileg 2019. Tambahan 4 kursi tersebut, selain sudah bisa membentuk satu Fraksi, juga akan bisa merebut posisi Wakil Ketua DPRD Karangasem, karena jumlah kursi yang dimiliki lebih unggul dari jumlah kursi yang didapatkan partai Nasdem.

Enam kursi  yang didapatkan Partai Demokrat, dua diantaranya didapatkan di Dapil Karangasem 1, satu kursi di Dapil Bebandem, 1 kursi  Dapil Manggis, 1 kursi Dapil IV (Selat, Rendang, Sidemen) 1 kursi di Dapil Kubu. “Astungkara  6 kader kami dipastikan akan duduk di kursi DPRD Karangasem.  Dengan jumlah ini partai kami juga mendapatkan jatah Wakil Ketua III DPRD Karangasem,” I Komang Wirawan, Ketua DPC Partai Demokrat Karangasem, beberapa waktu lalu. (tio/bfn)