Pencuri Sepeda Motor di Desa Perasi Karangasem Tertangkap, Pelakunya Ternyata Ahli

pencuri-sepeda-motor-di-desa-perasi-karangasem-tertangkap-pelakunya-ternyata-ahli
Polres Karangasem berhasil menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) satu unit sepeda motor merk Honda Beat yang terjadi di pinggir jalan raya Perasi yang terjadi tanggal 4 Oktober 2023 silam. Hal tersebut terungkap dalam press rilis Polres Karangasem, Kamis(1/2).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Polres Karangasem berhasil menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) satu unit sepeda motor merk Honda Beat yang terjadi di pinggir jalan raya Perasi yang terjadi tanggal 4 Oktober 2023 silam. Hal tersebut terungkap dalam press rilis Polres Karangasem, Kamis(1/2).

Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K.,S.H.,M.K.P yang memimpin langsung pengungkapan mengatakan, pelaku pencurian berjumlah dua orang masing masing bernama Elson Marabi Jawa Mara pria kelahiran Dusun Bolu Bokat  Barat, Sumba Tengah NTT dan Darson Dapa Yami alias Andro yang juga berasal dari desa yang sama dan keduanya bertempat tinggal di Kuta Selatan Kabupaten Badung.

Baca Juga : Sekda Dewa Indra Apresiasi Langkah Intelektual Pelaku Usaha Spa Sikapi Pemberlakuan UU HKP3D

Kapolres Nengah Sadiarta menjelaskan, kedua pelaku sepakat melakukan aksi pencurian berangkat dari Denpasar menuju Karangasem pada pukul 21.00 Wita. Setibanya dijalan raya Perasi pada pukul 02.00 dini hari itu, pelaku melihat 3 unit sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan raya.

“Salah satu pelaku kemudian mencoba menggoyang stang ke 3 sepeda motor tersebut, dimana salah satunya tidak terkunci badan. Pelaku lainnya mengawasi situasi dari sepeda motor yang dikendarainya. Sepeda motpor yang tidak dikunci badan itu kemudian didorong hingga sejauh 2 kilo. Lalu dengan keahliannya pelaku merusak kabel kunci kontak sepeda motor dan berhasil menghidupkannya tanpa kunci kontak kemudian kabur menuju Denpasar,” terang kapolres.

Atas kejadian kehilangan sepeda motornya, korban atas nama I Ketut Mudiarta kemudian melaporkannya ke Polres Karangasem, telah kehilangan sepeda motor Honda Beat warna merah dengan nopol DK 2141 TP.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh jajaran Reskrim Polres Karangasem dari penangkapan kedua pelaku curat tersebut adalah, 1 unit sepeda motor Honda Beat yang dicuri, satu buah kunci kontak duplikat, sebuah HP merk OPPO warna hitam, helm warna merah strip biru, satu buah celana panjang, jaket warna abu abu dan lagi sebuah HP merk OPPO warna gold.

Baca Juga : Tampilan TPS Lebih Keren dan Berhadiah, KPU Karangasem Kembali Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

“Menurut pengakuan pelaku hasil curian sepeda motor itu akan dibawa ke kampungnya. Dan atas perbuatannya itu, kedua tersangka melanggar Pasal 363 Ayat (1) ke- 4 KUHP, dengan ancaman hukuman penajara selama 7 tahun,” jelas Kapolres Nengah Sadiarta.

Untuk meminimalisir aksi pencurian, kapolres berpesan kepada masyarakat khususnya di kabupaten Karangasem agar bersama-sama untuk tidak memberikan peluang kepada pelaku, dengan cara membangun system keamanan terhadap sepeda motor masing masing.

“Salah satu contohnya, ketika akan meninggalkan sepeda motor harus dalam keadaan terkunci. Kalau bisa kuncinya dobel. Juga tidak menaruh atau memarkir sepeda motor di tempat tempat yang mudah dijangkau oleh pelaku kejahatan,” pungkas kapolres. (ger/bfn)