Peringatan Hari Buruh, Pemkab Karangasem Gelar “May Day is Terampil Day”

peringatan-hari-buruh-pemkab-karangasem-gelar-may-day-is-terampil-day
Pemerintah Kabupaten Karangasem melaksanakan Hari Buruh bertemakan, "May Day is Terampil Day" yang dipusatkan di halaman Kantor Disnaker Kabupaten Karangasem, Kamis (2/5/2024), dihadiri langsung Bupati Karangasem, I Gede Dana.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Pemerintah Kabupaten Karangasem melaksanakan Hari Buruh bertemakan, “May Day is Terampil Day” yang dipusatkan di halaman Kantor Disnaker Kabupaten Karangasem, Kamis (2/5/2024), dihadiri langsung Bupati Karangasem, I Gede Dana, Kadisnaker Kabupaten Karangasem, Ketua APINDO Kabupaten Karangasem, Ketua KSPSI Provinsi Bali, Ketua PD FSP Parekraf — KSPSI Provinsi Bali, serta Ketua PC FSP Parekraf, FSP Bali.

Bupati Gede Dana menjelaskan, peringatan Hari Buruh tahun ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para buruh atas kontribusi mereka dalam memajukan Kabupaten Karangasem serta meningkatkan kesadaran akan hak kesejahteraan dan perlindungan buruh.

Baca Juga : Badung Gelar Peringatan Hari Buruh Internasional (My Day) Tahun 2024

Dalam kesempatan itu, Bupati Gede Dana secara simbolis. Bantuan sembako dari dari BPJS TK kepada 10 orang pekerja rentan/disabilitas. Selain itu, juga dilakukan penyerahan klaim BPJS TK (Tenaga Kerja) oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem Sukardin, kepada para penerima santunan, ahli waris, diantaranya adalah Ida Bagus Yudi Permana yang bekerja di Disdikpora sejak Februari 2019. Manfaat santunan JKM dengan nominal Rp 42.000.000.

Selanjutnya, diserahkan kepada ahli waris Husnul Khotimah yang bekerja sebagai Kader posyandu di Kelurahan Subagan sejak Juni 2023. Manfaat santunan JKM dengan nominal Rp 42.000.000.

Diserahkan pula ahli waris Ni Wayan Gemuh Darmayanti yang bekerja di kantor Camat Kubu sejak Oktober 2018. Manfaat santunan JKM dengan nominal Rp 42.000.000.

Baca Juga : Jurusan T.AV Masih jadi Favorit di BLK Singaraja

Diserahkan pula kepada ahli waris I Gede Adnyana yang bekerja di Koperasi Sari Harta Utama sejak November 2020. Manfaat santunan JKM, JHT, JP Berkala dan Beasiswa dengan nominal maksimal Rp 135.478.440. Selain itu, ahli waris Ni Nyoman Taman yang bekerja sebagai pedagang nasi di pasar terdaftar BPU sejak Oktober 2022 juga menerima santunan JKM dengan nominal Rp 42.000.000.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan untuk Perusahaan teladan oleh oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Klungkung, Elly Widiani dan penyerahan dokumen peraturan Perusahaan oleh Bapak Artayasa

Bupati Karangasem, I Gede Dana, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam kegiatan ini. Acara ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan hak kesejahteraan dan perlindungan buruh serta menjaga sinergi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan berkeadilan bagi semua.

Bupati Dana juga menekankan pentingnya kerja sama antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis dan kondusif di Kabupaten Karangasem.

Ketua panitia I Wayan Rusdiyasa Pengurus di Cabang FSP Parekraf KSPSI Kabupaten Karangasem sekaligus sebagai sekretaris di Bidang Advokasi Pengurus Daerah FSP Parekraf Provinsi Bali dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada bapak Kadisnaker beserta jajaran dan para steakholder atas perannya mulai dari perencanaan informal dan formal di tanggal 24 april 2024.

Baca Juga : Suastika Raih Suara Tertinggi

“Kami telah melaksanakan pertemuan tripartid untuk menyikapi akan datangnya hari buruh di tanggal 1 Mei 2024, sehingga melahirkan kepanitiaan perayaan May Day hari ini tanggal 2 Mei 2024,” ujarnya.

Kegiatan perayaan May Day 2024 ini juga dimeriahkan dengan senam pagi bersama, bakti sosial berupa donor darah, pemeriksaan Kesehatan ,penyerahan klaim BPJS TK (Tenaga Kerja),  penyerahan piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan untuk Perusahaan teladan, penyerahan dokumen peraturan Perusahaan serta penyerahan sembako secara simbolis, begitu pula disertai kegiatan hiburan. (ger/bfn)