Suastika Raih Suara Tertinggi

KPU Karangasem Tetapkan 45 Anggota Dewan Terpilih

ketua-dprd-i-wayan-suastika-pimpin-rapat-tetapkan-jadwal-pelantikan-paw
Ketua DPRD I Wayan Suastika
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem menetapkan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Karangasem pada Pemilu 2024, di Taman Surgawi Ujung, Desa Tumbu, Kamis (2/5).

Dari 45 Caleg yang dinyatakan lolos, nama Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, menjadi caleg yang meraih suara tertinggi. Manju dari Dapil IV Karangasem (Kecamatan Selat, Sidemen dan Rendang), politisi PDI Perjuangan asal Juuk Legi, Desa Duda Timur itu, berhasil membukukan 7.314 suara pemilih, sekaligus mengalahkan suara Caleg Partai Nasdem, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha (Wakil Ketua DPRD Karangasem sekarang) dari Dapil 1 Kecamatan Karangasem dengan torehan 7.048 suara pemilih.

Baca Juga : KPU Karangasem Mulai Rekrut PPS

Suara pemilih yang berhasil direbut Suastika pada Pemilu 2024 sangat signifikan dibandingkan Pemilu 2019, kala itu Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Selat ini, hanya menorehkan 5.300 suara.

“Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat pemilih yang sudah menentukan pilihannya hingga suara saya pada Pemilu 2024 mencapai 7.314 suara. Raihan suara ini sekaligus bisa menambah kursi PDI Perjuangan di Dapil IV. Awalnya hanya dua kursi sekarang bertambah menjadi empat kursi,” kata Suastika, dikonfirmasi usai KPU Karangasem menetapkan 45 anggota Dewan Karangasem terpilih pada Pemilu Februari lalu.

Baca Juga : Muncul di Bursa Pilkada, Swadi Siap Menjadi Pendamping Gede Dana

Suastika meyakini, peningkatan suara yang didapatkan tidak terlepas dari kepiawaiannya dalam merawat konstituen selama tiga periode duduk sebagai anggota DPRD Karangasem.

Sementara itu, Ketua KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa mengungkapkan, penetapan 45 calon anggota DPRD Karangasem terpilih tersebut dilakukan, karena di Bali (kabupaten/kota) tidak ada gugatan terkait hasil suara yang diraih masing-masing calon.

Baca Juga : Sambut Pilkada Karangasem, DPM-Keris Bali Deklarasikan Paket Karisma

“Bali, khususnya Karangasem clear gugatan hasil Pemilu 2024. Ini juga yang membuat kami menetapkan 45 calon anggota DPRD yang lolos. Dari jumlah itu, 47 persen (21 orang) merupakan calon pendatang baru, sisanya adalah incumbent,” pungkas Darma Budiasa. (tio/bfn)